Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Wahhh, Ternyata, Politeknik Kelautan dan perikanan Sudah hadir di NTT

Kupang, flobamora-spot.com – Jika ada di antara masyarakat luas yang belum tau tentang Politeknik Kelautan dan Perikanan di NTT, maka mulai saat ini jangan bertanya-tanya lagi, karena Sekolah Tinggi yang diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu itu telah ada di daerah kita tepatnya di Bolok, tidak jauh dari Kota Kupang.

Pendidikan Tinggi berstrata Diploma Tiga (D3) itu hadir sejak tiga tahun lalu tepatnya 2016 dan hari ini mewisuda 83 Mahasiswa dari tiga jurusan.

“Politeknik ini berada di Desa Bolok Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, milik Kementrian Kelautan dan Perikanan RI. Kampus tersebut hari ini melakukan Wisuda Perdana”, kata Kepala Biro Humas dan Protokol (Humaspro) Setda Provinsi NTT Dr. Jelamu Ardu Marius kepada Wartawan Sabtu (31/8/2019).

Politeknik ini satu-satunya yang ada di NTT di bawah naungan Kementrian Keluatan dan Perikanan dan yang menarik adalah praktek di kampus ini lebih banyak dari teori. “Prakterknya 70 % dan teori 30 %. Dan yang lebih menarik lagi adalah seluruh biaya pendidikan dan makan minum ditanggung oleh Negara, jadi para ahli madya  tidak mengeluarkan uang. Selama mengikuti Pendidikan para Mahasiswa diasramakan. Ini informasi yang menarik bagi masyaraakt NTT khususnya para lulusan SMA – SMK di Kabupaten dan Kota Kupang untuk mendaftar di Sekolah ini”, uranya.

Politeknik Kelautan dan Perikanan Bolok memiliki tiga jurusan yang bisa dipilih oleh para Mahasiwanya. “Antara lain jurusan Teknik Budi daya Perikanan (TBP), Mekanisasi Perikanan (MP) dan Teknik Penangkapan Ikan (TPI). Tiga jurusan ini sangat cocok dikembangkan di NTT sebagaimana disampaikan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dalam sambutannya”, ujar Marius mengulanagi penjelasannya Gubernur.

Sektor Kelautan dan Perikanan di NTT sangat maju, hal ini merupakan potensi Ekonomi luar biasa yang patut dikembangkan. “Bahkan sector kelautan dan Perikanan ini juga bagian penting dari pengembangan Pariwisata NTT, karena kita tau Under Water (pemandangan bawah laut) di seluruh perairan NTT sangat indah dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Kekayaan ikan dengan berbagai jenis, ini semua mendorong perekonomian NTT”, ucap dia.

Pada akhir laporannya, Dr Marius menyampaikan Gubernur Viktor Bungtilu laiskodat memotivasi para lulusan dan berharap anak-anak Kabupaten dan Kota Kupang lulusan SMA-SMK memnafaatkan Kampus ini untuk mengembangkan potensi diri. (SIntus)

  • Bagikan