Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Lomba Masak Serba Ikan Upaya Memasyarakatkan Konsumsi Ikan


peserta omba Masak Serba Ikan

Kupang, flobamora-spot.com – Pemerintah Kota Kupang dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Kupang menggelar Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kota Kupang Tahun 2019 bertempat di Aula Rumah Jabatan Walikota Kupang, Selasa (6/8).

Asisten Pemerintahan Sekda Kota Kupang, Drs. Yoseph Rera, dalam sabutannya ketika membuka kegiatan tersebut  mengatakan kegiatan lomba bagi anggota tim penggerak PKK Kota Kupang sesungguhnya merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mendorong masyarakat meningkatkan kebiasaan konsumsi ikan menambah kemampuan dan keterampilan para kader yang berasal dari komponen masyarakat, dalam menyediakan menu berbahan dasar serba ikan.

Menurut dia, Upaya peningkatan konsumsi ikan nasional bagi masyarakat yang dikenal melalui gerakan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan yang dapat  mendorong masyarakat untuk menjadikan ikan sebagai menu utama dalam hidangan sehari-hari, tidak hanya sebagai hidangan keluarga.

“Kegiatan ini dapat menumbuhkan kreativitas para kader dalam mengolah ikan guna menciptakan usaha kuliner sebagai sumber pendapatan keluarga. Oleh karena itu, perlu ditekankan kepada seluruh peserta lomba betapa pentingnya upaya peningkatan konsumsi ikan untuk asupan gizi serta dapat menciptakan lapangan kerja baru dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia dan perekonomian masyarakat Kota Kupang,” ungkap Asisten 1 Sekda Kota kupang.

Ia menambahkan,  kegiatan lomba tidak semata-mata untuk mencari yang terbaik atau siapa yang menang dan kalah, tetapi dapat menjadi salah satu wahana peningkatan wawasan, pengetahuan dan keterampilan para kader untuk menjadi lebih terampil dalam mengelola olahan masakan berbahan baku ikan.

Olga S. Suta Lusi, Wakil Ketua Pokja III TP PKK Kota Kupang dalam laporannya menyampaikan bahwa peningkatan konsumsi ikan nasional tidak hanya menjadi tugas dari Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai instansi teknis yang membidangi kelautan dan perikanan, namun juga menjadi tugas bersama dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Peningkatan konsumsi ikan masyarakat terus dilakukan melalui kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) melalui peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan, menumbuhkan kreativitas dalam mengolah ikan untuk keperluan konsumsi dan usaha kuliner sebagai sumber pendapatan keluarga, serta mendekatkan produk perikanan kepada masyarakat.

Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Kupang menyelenggarakan lomba masak serba ikan tingkat Kota Kupang dengan tema “Ragam Menu Masakan Ikan Untuk Menyehatkan Masyarakat, Mencegah Stunting Dan Mencerdaskan Anak” yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memasak menu keluarga berbahan Baku ikan; memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas; menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan; dan mendukung pemanfaatan sumber daya ikan yang berkedaulatan dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat,” tambah Wakil Ketua Pokja III TP PKK Kota Kupang.

Peserta lomba berasal dari anggota tim Penggerak PKK yang diutus dari 6 Kecamatan yang ada di Kota Kupang berjumlah 40 orang peserta yang terbentuk dalam 20 Tim. “Ada tiga jenis menu masakan berbahan baku ikan; (1). Menu ikan untuk keluarga (bahan Baku ikan lele, tenggiri atau nila); (2). Menu ikan untuk balita (bahan baku ikan yang merupakan potensi unggulan daerah); (3). Menu kudapan/snack (bahan baku ikan yang merupakan potensi unggulan daerah),” jelas Olga S. Suta Lusi .

Kegiatan lomba masak serba ikan memperebutkan, Juara I mendapatkan piala bergilir, piala tetap dan uang pembinaan sebesar Rp. 5.000.000;  Juara II mendapatkan piala bergilir, piala tetap dan uang pembinaan sebesar Rp. 4.500.000; Juara III mendapatkan piala bergilir, piala tetap  dan uang pembinaan sebesar Rp. 4.000.000; Juara Harapan I mendapatkan piala bergilir, piala tetap  dan uang pembinaan sebesar Rp. 3.500.000; Juara Harapan II: mendapatkan piala bergilir, piala tetap  dan uang pembinaan sebesar Rp. 3.000.000; Juara Harapan III: mendapatkan piala bergilir, piala tetap  dan uang pembinaan sebesar Rp. 2.500.000.  

Turut hadir bersama Ketua TP PKK Kota Kupang, Ny. Hilda Manafe, SE, MM, para pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Kota Kupang, Para Camat, dan Para Lurah se-Kota Kupang. (Sintus)

  • Bagikan