Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Sudahkah Kota Kupang Maju, Ini Yang dibeberkan Pj. Wali Kota Saat Peringatan HUT

Pj. Wali Kota Kupang Fahrenzy P. Funay bersama tamu Undangan pada HUT ke-28.

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay, S.E., M.Si., memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke -138 Kota Kupang dan ke- 28 Kota Kupang sebagai daerah otonom.

Perayaan tahun mengusung tema “Bersinergi Untuk Kota Kupang Sejahtera dengan sub tema “Dengan Semangat Memperingati Ulang Tahun Kota Kupang Dan Hari Jadi Kota Kupang Sebagai Daerah Otonom, Kita Tingkatkan Sinergitas Demi Optimalisasi Pelayanan Publik Dan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik Bagi Terwujudnya Kota Kupang Lebih Sejahtera”.

 

Fahrenzy Funay menegaskan komitmen untuk meningkatkan sinergi dengan semua elemen masyarakat, demi menciptakan Kota Kupang yang lebih sejahtera dan berkelanjutan.

 

Selanjutnya Fahren menyampaikan rasa bangga di usia yang ke 138, Kota Kupang mencatat berbagai perkembangan yang cukup menggembirakan berkat jalinan sinergitas dengan berbagai pihak.

 

Hal tersebut tergambar dalam capaian kinerja makro tahun 2022 – 2023, inflasi tahun 2023 sebesar 2,61%, menurun 4,46% dibanding tahun 2022 sebesar 7,07% sedangkan pada Maret 2024 terjadi inflasi year on year Kota Kupang sebesar 2,07% dengan indeks harga konsumen sebesar 105,77.

 

Hal ini diraih berkat upaya pengendalian TPID Kota Kupang kolaborasi bersama stakeholder terkait.

Kemudian pada aspek kesehatan capaian kinerja pemerintahan tergambar dari menurunnya angka kematian bayi dan ibu, menurunnya presentase balita stunting dari 21,15% menjadi 17,2% dan menurunnya angka gizi buruk dari 1,9 persen menjadi 0,77% pada tahun 2023. Capaian dalam pemenuhan kebutuhan dasar seperti air minum, pengelolaan air limbah, drainase, serta infrastruktur lainnya pada tahun 2023, juga disampaikan dimana persentase akses air minum terealisasi sebesar 38,88% dari target 38,36% serta persentase luasan pemukiman kumuh di perkotaan yang tertangani terealisasi sebesar 13,01% dari target 19,13%.

 

Sementara itu capaian di sektor pariwisata tahun 2023 antara lain persentase jumlah usaha ekonomi kreatif terhadap total jumlah usaha jasa pariwisata mengalami peningkatan dengan kategori “Sangat Memuaskan” dan PAD dari sektor pariwisata tahun 2023 meningkat menjadi sebesar 41.180.138. 584 rupiah.

 

Di bidang ketenagakerjaan tingkat partisipasi angkatan kerja mengalami peningkatan sebesar 64,75% sedangkan tingkat pengangguran terbuka pada tahun 2023 sebesar 5,69%, menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

Pj. Wali Kota Kupang mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi- tingginya kepada seluruh masyarakat Kota Kupang dan seluruh elemen yang mendukung Pemerintah Kota Kupang melalui kebijakan-kebijakan yang ada sehingga Kota Kupang berhasil meraih prestasi dan berbagai penghargaan. Antara lain meraih opini WTP atas Laporan Hasil Pemeriksaan BPK tahun 2022, penghargaan sebagai TPID kota berkinerja terbaik kawasan Nusa Tenggara – Maluku – Papua tahun 2023, penghargaan sebagai kota Keterbukaan Informasi Publik, penghargaan dari Kemenkumham atas pemenuhan hak terhadap anak binaan pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Kupang, serta sejumlah penghargaan lainnya.

 

Melalui momentum ini pula, Pj. Wali Kota kembali mengingatkan seluruh komponen masyarakat dan stakeholder tentang Pemilihan kepala daerah.

 

“Sebentar lagi akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah di tingkat provinsi maupun kota”, kata dia.

 

“Saya mengajak untuk mendukung dan turut berpartisipasi mengawalnya, agar tercipta pemilu yang damai, bermartabat, dan membawa kebaikan bagi semua demi membangun masa depan yang lebih baik untuk Kota Kupang”, tambah dia.

 

Pada acara tersebut sekaligus diserahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya bagi ASN kota Kupang yang telah mengabdi selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.

 

Selain itu diserahkan kendaraan operasional secara simbolis kepada Camat berupa kendaraan roda empat dan Lurah berupa kendaraan roda dua.

Ada pula penyerahan santunan duka dari BPJS Ketenagakerjaan Kupang kepada ahli waris dari ASN dan PTT yang meninggal dunia.

Penyerahan bantuan sejumlah tempat sampah dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT. Serta penyerahan bantuan alat potong rumput dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang bagi setiap kelurahan di Kota Kupang.

Upacara yang berlangsung di halaman kantor Wali Kota Kupang tersebut dihadiri oleh sejumlah tamu kehormatan antara lain Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Mr. Vasyl ivanovich Hamianin bersama isteri Mrs. Inna Hriunberh, Ketua dan Para Wakil Ketua & anggota DPRD Kota Kupang, Unsur Forkopimda Kota Kupang bersama para istri, Pj. Sekretaris Kota Kupang, Para Staf Ahli Wali Kota Kupang, Para Asisten Sekda Kota Kupang, Para Pimpinan Perangkat Daerah lingkup Kota Kupang, Para Camat dan Lurah se-Kota Kupang, Pj. Ketua TP PKK Kota Kupang, Bapak Drs. Daniel Hurek, M.M., Bapak dr. Hermanus Man, George M. Hadjoh, S.H. Juga para pimpinan instansi vertikal, para pimpinan perbankan, para pimpinan lembaga agama. Juga Ketua FKUB Kota Kupang, Paguyuban etnis di Kota Kupang serta para ASN dan PTT lingkup Kota Kupang. (PKP_chr).

  • Bagikan