Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pastikan Kenyamanan Umat Islam, Pj. Bupati Kupang dan Rombongan Pantau Situasi Sholat Id

Pj. Bupati Kupang Alex Lumba sedang menyampaikan sambutan.

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba melakukan pemantauan pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1445 Hijriah, yang berlangsung di Masjid Agung Darul Hidayah Kabupaten Kupang, Rabu (10/4/2024) pagi.

 

Masjid ini
berlokasi di Kampung Toleransi Naibonat Kecamatan Kupang Timur, kabupaten Kupang.

 

Bertemakan : “Memperkokoh persaudaraan dalam semangat idul fitri, saling mengasihi dan tetap menjaga toleransi”, sekitar seribuan umat muslim melakukan Sholat Idul Fitri dengan penuh khidmat di gedung masjid yang sementara dalam proses pembangunan itu.

 

Sholat ini dipimpin Ustad Haji Jumadi, dan Khotib Ustad Abdurahim Mampa selaku Sekretaris MUI Kabupaten Kupang.

Kehadiran Penjabat Bupati dalam melakukan pemantauan Sholat Idul Fitri ke masjid tersebut, sungguh tak disangka-sangka oleh semua umat muslim di masjid tersebut.

 

Dan usai sholat, ia diberi kesempatan oleh pengurus masjid untuk menyampaikan ungkapan hati.

 

Pj.Bupati Alexon pada kesempatan tersebut menyatakan sangat berbahagia bisa berada di tengah-tengah umat muslim yang sedang menjalankan sholat dalam merayakan hari kemenangan 1 Syawal 1445 H.

 

“Idul Fitri adalah puncak dari saudara dan saudariku yang sudah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Makna dari ibadah puasa itu sendiri adalah saudara saudariku telah melewati suatu pertempuran, dimana pertempuran itu bukan berhadapan langsung dengan musuh, tetapi dengan diri kita sendiri dan mereka telah berhasil melawan hawa, nafsu dan haus. Dan hari ini mereka telah memenangkan pertempuran itu,” ungkap dia.

 

Menurut Alexon Lumba, toleransi antar umat beragama di Kabupaten Kupang sangatl baik dan harus tetap dipertahankan.

 

“Saya harapkan falsafah-falsafah kehidupan beragama yang sudah dibangun tetap dipertahankan bila perlu ditingkatkan. Saya bangga berada di tengah-tengah umat muslim saat ini. Bagi saya, kebersamaan antar umat beragama di kampung toleransi ini begitu erat. Disamping gedung masjid ada gedung gereja. Sungguh suatu kebanggaan bagi saya,”kata dia.

 

Hal lain dari makna Idul Fitri diungkapkan muslimin Ruslan Ambulera dan muslimah Sri Lestari, yang ditemui usai melakukan sholat Idul Fitri.

 

Bagi Ruslan Ambulera makna dari Idul Fitri tahun ini adalah refleksi. Refleksi untuk lebih baik.

“Kita manusia tidak terlepas dari kesalahan. Oleh karena itu saya pribadi di momen lebaran tahun ini, saya ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya”, kata dia.

 

Dan bagi muslimah Sri Lestari, makna Idul Fitri tahun ini adalah lebih memperkokoh persudaraan antar umat beragama khususnya di Kabupaten Kupang.

 

“Dukungan jemaat umat lain sangat luar biasa. Saya ingin hubungan antar kita umat beragama tetap kokoh, saling mengasihi dan jaga toleransi,” kata Sri.

Sri mengungkapkan, sungguh tak menyangka bisa dikunjungi penjabat Bupati Alexon Lumba.

 

“Masya Allah, suatu kehormatan bagi kami, bisa dikunjungi bapak penjabat. Meski kami minoritas, kami tetap ingin diperhatikan, digandeng untuk sama-sama membangun Kabupaten Kupang,” harap Sri Lestari. (Merc).

  • Bagikan