Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Wabup Kupang: “Seringkali Kepentingan Masyarakat Musnah, Karena Pokir”

Wakil Bupati Kupang didampingi As. III Sekda kabupaten Kupang Novita Funay dan Kepala BP4D Juhardi Selan pada pembukaan Forum Lintas Perangkat Daerah 2025 Selasa (26/3/24).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe secara resmi membuka kegiatan Forum Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Kupang Tahun 2024.

 

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka Penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemda Tahun 2025 itu, berlangsung di Kantor Bupati di Oelamasi, Selasa (26/3/2024).

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe dalam sambutannya menegaskan, TPPS harus dapat menjadi corong yang melibatkan semua unsur, dengan pengoptimalkan seluruh sumber daya dan potensi. Juga harus mengurangi pembebanan anggaran pada belanja-belanja yang bersifat rutinitas dan operasional semata.

Hal ini penting, sehingga belanja barang/ jasa, juga belanja modal yang berkaitan langsung dengan kebutuhan masyarakat untuk mencapai target  RPJMD penurunan tengkes (stunting) di Tahun 2024 menjadi 9,3 persen dapat tercapai.

“Dalam forum ini, selain perencanaan dan penganggaran yang dibuat, perhatikan juga ada yang lebih penting yaitu implementasi. Kita kerja untuk kepentingan masyarakat. Biasanya konsisten dalam musrenbang, tapi hasil akhir musnah karena masuknya pokir. Teman-teman OPD harus terbuka, anggaran cukup atau tidak. Prioritaskan usulan masyarakat bukan yang lain,” tekan Jerry.

 

Menurut dia, penurunan angka tengkes (stunting) masih menjadi isu strategis dan menjadi program prioritas dalam perencanaan pembangunan tahun 2025.

 

Jerrymengatakan, isu ini menguat di samping isu strategis lainnya seperti pengentasan kemiskinan, pengendalian laju inflasi, antisipasi rawan pangan dan pemenuhan layanan dasar.

 

“Hasil pengukuran bulan februari baru-baru ini (bulan februari 2024) berada pada angka 12,35% atau 3.574 balita stunting dari 28.940 balita yang diukur. Menurun 3,83 persen. Ini semua berkat kerja kolaborasi kita semua. Tiap bulan timbang ada penurunan,” kata Jerry.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala BP4D Kabupaten Kupang Juhardi Selan, tentang isu strategis pembangunan kabupaten kupang Tahun 2025 diantaranya pengentasan kemiskinan, penurunan angka stunting, penanganan rawan pangan, dan pemenuhan standar layanan minimal.

 

Mendampingi Wabup Kupang, Asisten III Sekda Novita Foenay, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Juhardi Selan dan para pimpinan perangkat daerah, yang ditandai dengan Penandatanganan Berita Acara. (Merc).

  • Bagikan