Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Ternak Babi Warga Bello, Disuntik Vitamin Oleh Tim Dokter Hewan Politeknik Pertanian

Dokter hewan dari Politeknik Pertanian Kupang memberi vitamin kepada ternak warga Bello.

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Sejumlah ternak babi di Kelurahan Bello Kecamatan Maulafa Kota Kupang NTT, disuntik Vitamin. Inin dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan ternak babi. Dengan demikian akan meningkatkan ketahanan tubuh pada ternak terutama saat musim tak menentu seperti sekarang ini.

 

Hal ini dijelaskan Ambraham Lopo, Ketua RT 006/RW 003 Kelurahan Bello di kediamannya, Sabtu (23/3/24).

 

Dia menjelaskan, kegiatan ini dilakukan oleh tim dokter Hewan bersama mahasiswa praktek dari Politeknik Pertanian Negeri Kupang.

 

“Ini kemauan kami ke pihak tim doktek hewan dan mahasiswa untuk dilayani pemberian vitamin pada ternak babi. Dengan harapan agar ternak punya nafsu makan sehingga bisa meningkatkan ketahanan tubuh ternak terutama di musim penghujan ini. Karena saat ini rawan terserang penyakit,” jelas Lopo.

 

Sementara itu Siprianus Lada (20) salah satu mahasiswa praktek jurusan kesehatan hewan Politani Kupang menjelaskan, kegiatan ini sekaligus merupakan bagian dari proses pendidikan bagi mahasiswa.

“Sehingga kami bisa mengalami dan tau kondisi ternak yang dipelihara oleh masyarakat di lapangan”, ujar dia.

 

“Sebenarnya hari ini kegiatan kami mempraktekan materi yang sudah kami peroleh selama empat semester ini untuk mengenal kondisi di lapangan,” ujarnya.

 

Dia menambahkan kegiatan hari itu tidak sebatas pemberian Vitamin pada ternak babi, tetapi juga melayani kebiri babi.

 

“Membantu ternak babi yang akan beranak. Potong ekor babi maupun potong gigi. Dan pemberian vitamin atau obat cacing pada babi”, kata dia.

 

“Sebenarnya tidak sebatas pemberian vitamin tetapi juga kami tadi di RT 008 Bello juga kami layani kebiri ternak babi. Kami selalu siap apabila ada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kami akan kami layani secara gratis. Kecuali inseminasi buatan (ib) itu berbayar,” jelasnya.

 

Terpisah Ketua RW 03 Goris Takene menghimbau kepada para peternak untuk memperhatikan dan menjaga kesehatan ternak agar tidak mudah terserang penyakit di musim penghujan.

 

“Kami himbau masyarakat peternak untuk tetap menjaga kesehatan ternaknya karena disaat hujan begini mudah terserang sakit, dan salah satu caranya dengan pemberian vitamin secara rutin,” imbuhnya. (goe).

  • Bagikan