Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Guru PJOK Jenjang SD SMP, Ikut Bimtek

As. III Sekda Kota Kupang Yanuard Edy Dally saat membuka Bimtek guru PJOK.

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Kupang tahun 2024.

Kegiatan dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Kupang, Yanuar Dally, SH, M.Si, Rabu (20/3) di New International Sasando Hotel Jalan R. A. Kartini, Kelurahan Kelapa Lima, Kota Kupang.

 

Bimtek tersebut digelar untuk meningkatkan kompetensi para guru PJOK agar dapat memperkuat proses belajar mengajar mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.

 

Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Kupang, Yanuar Dally, SH, M.Si mengatakan, para guru memerlukan pembaharuan agar bisa mengalami kemajuan dalam proses belajar mengajar, baik itu dalam metode mengajar, teknik mengajar, penguasaan materi hingga tahap implementasi dan pembaharuan.

 

Menurutnya, itu bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk dicapai namun harus ditempuh dengan semangat serta niat belajar yang tinggi.

 

“Guru harus mampu melakukan berbagai inovasi dan hal ini juga tidak datang begitu saja, harus melalui riset, seminar atau bimtek oleh karena itu Bimtek bagi guru PJOK yang digelar ini sangatlah penting karena akan memberikan ruang bagi para guru untuk mengembangkan kompetensi dengan teratur dan terarah, karena dapat saling mengisi dan berbagi pengalaman dengan sesama rekan guru dan narasumber yang kompeten di bidangnya”, ujar Yanuar.

 

Yanuar memberikan apresiasi atas kehadiran para narasumber untuk membagikan ilmu yang dimiliki sehingga kompetensi para guru semakin diperkuat dengan beragam pengetahuan.

 

Ia berharap para peserta benar-benar mempergunakan waktu yang ada untuk mengikuti bimtek dengan serius karena merupakan momentum yang tepat untuk menambah lumbung ilmu yang dimiliki oleh para guru.

 

Sementara itu, Markus Dju Djani, S.Pd selaku Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang melaporkan, bimtek yang digelar bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan guru.

“Juga menyetarakan kemampuan dan kemahiran guru dalam melaksanakan pembelajaran, membantu guru memperoleh informasi teknis edukatif dan menjadi tempat untuk saling berbagi informasi dan pengalaman.

 

Lebih lanjut, Markus menjelaskan, melalui penyelenggaraan Bimtek bagi para Guru PJOK diharapkan mampu menghadirkan solusi atas setiap kendala dalam pembelajaran yang ditemui oleh para guru.

 

“Serta dapat meningkatkan wawasan dalam pengembangan pembelajaran dan profesi dengan meningkatkan pemahaman terhadap pemanfaatan implementasi kurikulum merdeka di sekolah”, jelas dia.

 

Selain itu, guru PJOK diharapkan dapat menjadikan sekolah sebagai tempat berbagi pengalaman dan studi banding untuk meningkatkan proses pembelajaran di kelas dan menghasilkan metode atau model pembelajaran yang lebih inovatif dan inspiratif.

 

Bimtek diikuti oleh para guru mapel PJOK sebanyak 100 orang dari SD dan SMP se Kota Kupang selama 3 hari.

 

Hadir sejumlah akademisi sebagai narasumber yaitu Michael J. H. Louk, S.Pd., M.Pd., Dr. Lukas M. Boleng, M.Kes., Yoniel Y. Selan, S.Pd., M.Fis., Dr. Carles Nyoman Wali, S.Pd., M.Pd., Dr. Anderia J. F. Lumba, M.Pd., Jusuf Blegur, S.Pd., M.Pd. (PKP_rdp).

  • Bagikan