Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Cek Lapangan ! Harga Beras di Amfoang Dikabarkan Capai 20.000, Pemerintah Buat ?

Harga beras di pasar Penfui.
Harga beras di pasar Penfui.

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Jika di kota Kupang harga beras masih berkutat di sekitar RP15.000 – 17.000, tidak demikian di Amfoang raya.

 

Di wilayah dengan transportasi sulit tersebut harga beras premium dibandrol dengan RP20.000.

Hal tersebut disampaikan kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (disperindag-kukm) kabupaten kupang khristian koroh sebagaimana dirilis TVRI Kupang.

Ia mengatakan, berdasarkan pantauan, harga beras di kabupaten kupang tidak jauh berbeda dengan kota kupang.

 

“Misalnya di pasar Oesao. Semua jenis beras premium mengalami kenaikan. Ini terjadi sejak januari 2024 dan hingga maret 2024 ini berada pada harga 17 -19 ribu per kilogram. Sedangkan harga beras jenis premium di wilayah amfoang mengalami kenaikan signifikan, mencapai 20 ribu per kilo gram. Hal tersebut terjadi karena jarak dan kesulitan pengiriman beras ke wilayah amfoang”, kata Chris Koroh Rabu (6/3/24).

 

Dia menambahkan, harga beras premium yang naik di kabupaten kupang tersebut mendongkrak kenaikan harga beras jenis medium yang berkisar antara 15 ribu sampai 16 ribu per kilogram.

 

“Kendati demikian harga beras yang meroket tersebut tidak mempengaruhi harga beras bulog. Beras bulog jenis premium sendiri di pasar oesao berada pada harga RP.14 ribu – 14.500/ kilogram”, terang dia.

 

Menurut dia, kenaikan harga tersebut dipengaruhi oleh sejumlah wilayah di kabupaten kupang yang masih dalam masa tanam pertama.

 

“Dia berharap, ada upaya penanganan untuk menekan harga beras yang sedang naik di wilayah amfoang tersebut”, pungkas Koroh. (Sintus/KP).

  • Bagikan