Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Musrenbang, Bukan Rutinitas

Bupati Kupang Korinus Masneno diantara Wakil Bupati Jerry Manafe dan Wakil Ketua DPRD Anis Mase.

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – “Musrenbang kecamatan yang dilaksanakan setiap tahun bukan sebagai rutinitas atau memenuhi tuntutan peraturan perundang-undangan, namun haruslah dipahami sebagai sebuah kesadaran kolektif dari stakeholder untuk terlibat secara partisipatif dan kolaboratif dalam proses penyelenggaraan pembangunan di kecamatan”.

 

Hal ini dikatakan Bupati Kupang dalam sambutannya saat membuka musrenbangcam se-kabupaten Kupang tahun 2024 dan konsultasi publik rancangan awal RKPD tahun 2025 yang berlangsung di ruang rapat Bupati Kupang Rabu, (28/2/24).

Didampingi Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, Bupati Masneno juga menjelaskan, musrenbang ini harus dipahami sebagai wahana pemberian input dan pengambilan keputusan pembangunan dengan pendekatan bottom-up. Kebutuhan dan aspirasi masyarakat dijaring kemudian secara bersamaan ditentukan skala prioritasnya. Mekanisme ini secara esensial berfungsi sebagai kompas dalam pemberian arah kebijakan yang tepat untuk mencapai tujuan pembangunan, khususnya dalam satu tahun kedepan.

 

“Untuk menjalankan roda pemerintahan kabupaten Kupang, kami tidak berdiri sendiri. Ada Mitra pemerintah yakni DPRD kabupaten Kupang yang selalu mengawasi jalannya pemerintahan. Karena itu, ijinkan saya memberikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD, atas kerjasama dan kordinasi yang baik selama ini. Semoga kita selalu bersinergi dalam membangun kabupaten Kupang”, tutur Korinus Masneno.

 

Tidak hanya itu, Korinus juga berterimakasih khusus kepada Camat, Lurah dan Kades, sebagai ujung tombak pembangunan, karena dedikasi dan perannya selama.

 

Dia berpesan agar selalu ikut berpartisipasi mengawasi pelaksanaan pembangunan serta menciptakan lingkungan yang aman dan terkendali sehingga proses pembangunan dapat berjalan dengan lancar.

 

“Saya yakin, pemkab, anggota DPRD hingga pemdes akan mampu merumuskan perencanaan yang terbaik hingga kedepan apapun yang dilaksanakan bisa berjalan dengan efektif dan efisien”, tutupnya.

 

Wakil Ketua II DPRD Kab. Kupang, Yohanis Mase mengatakan, momentum ini merupakan amanat undang-undang yang harus dilaksanakan yang bertujuan untuk menjawab keinginan dan kebutuhan daerah yang harus dilaksanakan.

 

“Kita harus memiliki self love dalam diri agar kita bisa menganggap semua orang menjadi diri kita. Selamat kepada Pemkab Kupang, melalui Bapeda dalam mempersiapkan rencana program dan nantinya akan menangkap seluruh aspirasi masyarakat. Harus kerja keras mulai dari Camat, Lurah dan Kades untuk membangun komunikasi dengan DPRD di kabupaten Kupang.
Selamat kepada Bupati Kupang dan jajarannya. Semoga kerja kolaborasi nyata yang telah kita bangun akan terus di bangun dan jika kita dibutuhkan kita akan hadir”, tutup Anis Mase.

 

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring dan luring ini diikuti oleh Plt. Sekda kabupaten Kupang Mesak Elfeto. Para Asisten Sekda kabupaten Kupang. Juga para Staf Ahli Bupati Kupang, para Anggota DPRD kabupaten Kupang. Dan para Pimpinan OPD lingkup Pemkab. Kupang, para Camat dan kepala Desa se-kab. Kupang dan para NGO/LSM. (NH).

  • Bagikan