Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Demi Kebutuhan Anggota, Batalyon Armed 20/BY Bangun Masjid

Bupati Kupang Korinus Masneno sedang melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al-Azis.

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Dalam rangka memenuhi kebutuhan peribadatan Prajurit Batalyon Artileri Medan 20/Bhadika Yuda (Armed BY) melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al-Aziz di Kompleks Batalyon Armed 20 BY Kecamatan Fatuleu.

 

Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya mengatakan, pembangunan sarana rumah ibadah merupakan hal yang penting dalam memperkuat keimanan dan spiritual umatnya.

 

“Tentu dengan semangat kebersamaan yang dimiliki dalam membangun Masjid Al-Aziz ini diharapkan akan dapat diselesaikan dengan baik dan dimanfaatkan oleh para anggota Yon Armed 20 BY dan masyarakat sekitar”, ujar Masneno.

Dia juga mengatakan, sesuatu akan menjadi mudah ketika semua pihak memiliki komitmen bersama, terutama antara semua prajurit.

 

“Karena yang ada disini lintas agama seperti disampaikan Danyon. Meski beragam agama, ini bukanlah hal yang baru di kabupaten Kupang, karena tingkat toleransi di daerah ini cukup tinggi”, terang dia.

 

Kabupaten Kupang sendiri jelas Masneno merupakan daerah yang memiliki rasa persaudaraan dan toleransi yang sangat baik sehingga kerjasama dan saling tolong dalam membangun rumah ibadat, sering dilakukan bersama.

Kegiatan pembangunan serta pembinaan bidang keagamaan jelasnya mempunyai kedudukan dan peranan yang amat penting sebagai bagian integral dari upaya meletakan landasan moral dan kerohanian yang kokoh.

 

“Saya ucapkan selamat memulai pembangunan kepada komandan Armed 20 BY dan jajaran, sehingga apa yang diupayakan bisa terwujud,” pungkasnya.

 

Danyon Armed 20/Bhadika Yuda Letkol Arm. Karimmuddin Rangkuti, S.I.P., dalam sambutannya mengatakan Artileri Medan (Armed) merupakan satuan bantuan tempur (banpur) di Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat.

Pasukan ini jelasnya, menggunakan meriam sebagai bantuan tembakan jarak jauh dan perusakan wilayah musuh secara luas.

 

“Artileri Medan berada di bawah Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Pussenarmed)”, kata dia.

Dia menjelaskan, Armed 20 BY Letkol Arm. Karimmuddin masih terus melengkapi fasilitas yang ada termasuk rumah peribadatan.

 

Dirinya berharap, dengan peletakan batu pertama ini upaya pembangunan dapat berjalan dengan baik dan diselesaikan tepat waktu.

 

Menurut dia, nama Masjid Al Aziz didedikasikan bagi prajurit Armed 20 BY yang meninggal tahun 2023 lalu.

 

“Sebagai penghargaan dan mengenang sosok yang baik ini kami mengambil nama Al-Aziz”, kata dia.

 

Menurut dia, satu kehormatan dan kebanggaan bagi prajurit yang ada di sini.

 

“Alusista yang kami miliki di sini adalah salah satu alusista yang paling canggih di Indonesia saat ini yang dipunyai oleh TNI, khusunya Angkatan Darat. Adalah meriam 155 Cesar yang bisa kita lihat di garasi saat menuju ke sini. Meriam ini merupakan Meriam paling modern saat ini dengan jarak capai menembak hingga 40 kilometer. Karena memang batalyon armed ini masih baru disini, salah satu satuan yang baru dibentuk 2 tahun lalu bersama Arhanud. Tentunya kami disini untuk meningkatkan profesionalitas kami untuk menjaga NTT khususnya serta NKRI umumnya”, tutup dia. (NH)

  • Bagikan