Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Oelamasi Bakal Hijau, Dengan Pohon Cemara dan Trembesi

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Bupati Kupang Korinus Masneno menyambut baik kehadiran Direksi PT. Taspen Persero Kantor Pusat di Kabupaten Kupang, dalam rangka penyerahan bantuan CSR kepada Pemerintah Kabupaten Kupang berupa 1000 pohon cemara dan trembesi, Selasa (12/12).

 

Penyerahan bantuan tanaman secara simbolis tersebut, ditandai dengan penandatanganan prasasti “Bakti Srikandi Taspen Selamatkan Bumi”. Setelah itu dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh Bupati Korinus Masneno dan Direksi PT. Taspen Persero. Mereka yang hadir diantaranya Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Diyantini Soesilowati, Direktur Keuangan Rena Latsmi Puri, Direktur SDM dan Teknologi Informasi Ovita Susiana Rosya, berlokasi di Civic Center Oelamasi.

 

“Segelas air mungkin belum berarti bagi banyak orang, tapi setetes air sangat berarti bagi kehidupan masyarakat Kabupaten Kupang”.

 

Itulah sepenggal kalimat yang disampaikan Bupati Masneno mengawali sambutannya.

 

Dia menerangkan, Kabupaten Kupang adalah salah satu daerah yang secara topografis merupakan daerah beriklim tropis dan kering, yang juga cenderung di pengaruhi oleh angin dengan curah hujan yang cukup rendah mengakibatkan Kabupaten Kupang sering mengalami masalah kekeringan.

 

Perubahan penggunaan lahan menjadi pemukiman dan lahan pertanian, menyebabkan air hujan yang turun tidak dapat langsung meresap kedalam tanah. Lahan hijau semakin berkurang karena tidak dilakukan dengan penanaman kembali pohon-pohon pengganti.

 

“Bantuan 1000 pohon dan kegiatan penanaman simbolis di lokasi civic center saat ini secara tidak langsung membantu pemerintah melakukan konservasi lingkungan skala kecil. Tak hanya itu, kepada kita semua yang hadir, dapat menjadi pelopor konservasi dari pekarangan rumah hingga meluas ke seluruh wilayah Kabupaten Kupang,” ujar Masneno.

 

Bupati berharap kegiatan penanaman ini menjadi langkah strategis bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Penanaman pohon-pohon dapat membantu mengembalikan fungsi ekosistem, menjaga kesuburan tanah, melindungi sumber air dan memberikan manfaat penting bagi lingkungan dan kehidupan masyarakat.

 

“Atasnama Pemerintah Daerah saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT.Taspen yang telah menginisiasi kegiatan yang sangat bermanfaat ini,” ungkap Masneno.

 

Direktur Keuangan PT.Taspen Persero, Rena Latsmi Puri mengatakan, penanaman pohon adalah bagian dari tanggungjawab kepada bumi Indonesia.

 

“Melalui kegiatan ini diharapkan akan memberikan kesejukan bagi desa kecil di Kabupaten Kupang. Dan dapat menciptakan ekosistem yang teduh, hijau dan melindungi lingkungan dari ancaman iklim yang ekstrem, serta meningkatkan kualitas udara yang bersih dan sehat,” kata dia.

Ia juga berharap, kedepan Pemkab Kupang dan masyarakat dapat memelihara dan menjaga kelangsungan tumbuhnya pohon ini.

 

“Jadi sangat sia-sia kalau kami datang hanya untuk menanam, kemudian nanti pohonnya terbengkalai,” pungkas dia.

 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Branch Manager Taspen Kupang Moh Famuji, Wakapolres Kupang Yulianus Lau. Kepala Kantor Agama Kabupaten Kupang Saturlino Correia. Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Kupang diantaranya Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Oktovianus Tahik. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Paternus Vinci. Kepala Badan Pendapatan Daerah Frans Taloen, Kepala Dinas PUPR Mateldius Sanam. Serta perwakilan kodim 1604/Kupang, Camat Kupang Timur dan undangan lainnya. (Merc).

  • Bagikan