Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Panen Padi di Nunkurus, Bupati: “Saya Bangga Petani Panen di Musim Panas”

Bupati Kupang Korinus Masneno sedang memotong padi pada kegiatan panen padi bersama Kelompok Tani Tunas Muda Nunkurus Jumat (17/11).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Berlokasi di persawahan Aeretak Desa Nunkurus, Kecamatan Kupang Timur Jumat (17/11/23) untuk kali kedua dilakukan panen padi musim tanam II tahun 2023.

 

Panen dilakukan di atas lahan seluas 150 Ha di areal persawahan Aeretak dan untuk musim tanam 2 di desa Nunkurus panen 27 Ha dengan produktivitas 5 ton/ha.

 

Areal persawahan ini dikelola Kelompok Tani Tunas Muda.

 

Sementara panen secara simbolis yang dilakukan Bupati Kupang Korinus Masneno bersama anggota DPRD Kabupaten Kupang, Yokubis Klau dan Arnolus Mooy di lakukan di lahan seluas 3 Ha.

 

“Saya bangga di musim panas saat ini, semangat kerja luar biasa masyarakat Petani khususnya Kelompok Tani Tunas Muda, bisa panen padi yang kedua kali di persawahan Desa Nunkurus. Saat saya melintasi lokasi persawahan ini, saya kagum dan bersyukur meski cuaca panas, masih banyak tanaman yang hijau-hijau. Terus terang ini sebuah kebanggaan karena tidak banyak daerah yang panen di bulan-bulan begini. Apresiasi saya berikan buat masyarakat dan kelompok tani tunas muda yang berhasil panen padi saat ini,” kata Bupati Masneno.

 

Bupati menambahkan, pada musim kemarau seperti ini, jangankan berpikir untuk tanam atau panen padi, berpikir untuk ternak dapat minum air saja susah.

 

“Kenapa kita harus bekerja secara revolusioner, karena dari dahulu kesulitan air bukan sesuatu yang baru, sebab topografi Kabupaten Kupang yang bergunung-gunung dan hanya ada dataran rendah di beberapa lokasi di Kabupaten Kupang, jika hujan tiba, air berlomba-lomba menuju laut dan tidak ada endapan di daerah pegunungan, hanya ada di daerah dataran rendah. Sulit ditemukan endapan air di bawah permukaan tanah,”ungkapnya.

 

Terhadap hal tersebut, Bupati menyarankan penggunaan solar cell. Sebab lebih efisien bekerja pada musim panas.

 

“Justru saat musim panas, air yang mengalir akan lebih deras karena menggunakan kekuatan sinar matahari. Pola ini bisa dikembangkan untuk daerah kita yang sinar mataharinya baik,”ajak Masneno.

 

Hal senada disampaikan anggota DPRD Kabupaten Kupang, Yokubis Klau.

 

Ia menyampaikan terima kasih kepada Bupati Kupang melalui Dinas Pertanian yang sudah memberikan fasilitas untuk menunjang sektor pertanian.

 

“Jika ada kebutuhan lain yang dibutuhkan masyarakat, ini kesempatan yang baik bisa disampaikan langsung ke bapak Bupati,” kata wakil rakyat dari partai PKB ini.

 

Yakobis Klau puji semangat kerja para Petani di Desa Nunkurus yang berhasil panen padi di musim tanam kedua.

 

Hadir pada acara panen tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Amin Juariah, Kepala Desa Nunkurus Thomas Olla. Dan Kelompok Tani Tunas Muda Desa Nunkurus. (Merc).

  • Bagikan