Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Berkunjung ke Nagekeo, Penjabat Gubernur NTT Lakukan Kuliah Umum di Kampus Ini

Pj. Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake dan Direktur Politeknik St. Wilhelminus Frederikus Lena Djago, SE, MM bersama para dosen dan Mahasiswa Jumat (10/11).

NAGEKEO, FLOBAMORA-SPOT – Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, SH, MDC melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Nagekeo
Jumat (10/11/23).

 

Kunjungan kerja diawali dengan pemberian kuliah umum di Politeknik St. Wilhelmus Yayasan Santo Wilhelmus Flores yang terletak di Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo.

 

Kuliah umum diberikan kepada mahasiswa Program Studi Akuntasi, Nutrisi dan Makanan Ternak, Manajemen Pertanian Lahan Kering dan Tanaman Pangan dan Hortikultura.

 

Mengawali pemaparan materi, Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake menjelaskan bahwa sub sektor peternakan mempunyai peran yang sangat penting dalam menopang perekonomian di Provinsi Nusa Tenggara Timur khususnya perekonomian petani di pedesaan.

 

“Sub sektor peternakan mempunyai peran sangat penting dalam perekonomian wilayah NTT maupun perekonomian keluarga tani, khususnya petani di pedesaan. Usaha peternakan di NTT, adalah usaha yang multi-fungsi: ekonomi, lingkungan dan sosial. Karena itu pembangunan sub-sektor peternakan mempunyai arti penting bagi pembangunan pedesaan dan sebagai elemen penting dalam upaya penanggulangan kesmiskinan karena sebagian besar penduduk miskin tinggal di pedesaan dan bermata pencaharian dari berusaha tani/beternak”, jelas Penjabat Gubernur NTT.

 

Dia menambahkan, Pemerintah Provinsi NTT juga telah melakukan berbagai upaya dalam pengembangan peternakan yang ada di NTT untuk mendukung ketersediaan dan ketahanan pangan asal hewan yang adil dan sejahtera.

 

“Sejak tahun 2018 – 2023 pemerintah Provinsi NTT telah melakukan berbagai upaya pengembangan peternakan dengan spirit “Peternak bangkit Peternak sejahtera” dalam mendukung ketersediaan dan ketahanan pangan asal hewan menuju masyarakat mandiri, adil dan sejahtera. Beberapa capaian pembangunan peternakan tahun 2018 – 2023 yang difokuskan pada pembibitan ternak, agribisnis dan kelembagaan, kesehatan hewan serta prasarana dan sarana peternakan”, Papar Pj. Gubernur Ayodhia.

 

Menutup pemaparan materinya, Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake juga memberikan semangat dan motivasi kepada mahasiswa yang hadir.

 

“Adik-adik sekalian jangan takut dengan jurusan yang kalian pilih baik pertanian, peternakan dimana mungkin kalian akan merasa tertinggal di dalam kehidupan karena sebelum orang membuka laptop pasti ia harus makan. Adik-adik tidak perlu takut tentang masa depan, karena sebetulnya masa depan yang cerah itu ada di depan kita semua. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan potensi dan kesempatan dengan baik dan cerdas sehingga kita dapat menjadi bagian dari sebuah kemajuan”, ucap Penjabat Gubernur NTT memotivasi para mahasiswa.

 

Selaras dengan harapan Penjabat Gubernur NTT, Bupati Nagekeo dr. Johanes Don Bosco Do juga menyampaikan harapannya agar para mahasiswa memiliki jiwa kompetitif dan sebisa mungkin memiliki mini project yang dimulai dari bangku pendidikan agar selaras dengan perguruan tinggi ini yaitu perguruan tinggi advokasi.

 

“Orang-orang muda kita harus punya jiwa kompetitif. Saya harap kalau bisa sejak semester 3 para mahasiswa sudah memiliki mini project sehingga sesuai dengan perguruan tinggi ini yaitu perguruan tinggi advokasi. Bakat dan keterampilan yang ada ini merupakan bekal ketika mereka sudah tamat dimana sudah tertanam dalam diri jiwa usahanya atau _entrepreneurship_. Saya juga berharap kalau bisa setelah tamat, mereka sudah punya kerjasama dengan lembaga baik bank maupun non bank yaitu koperasi untuk bisa membuka sebuah usaha agar mampu mandiri dalam menciptakan lapangan pekerjaan”, Ungkap dia.

 

Pada kesempatan yang sama Direktur Politeknik St. Wilhelminus Frederikus Lena Djago, SE, MM dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas momentum kehadiran Penjabat Gubernur NTT dalam memberikan kuliah umum di Kampus Politeknik St. Wilhelminus.

 

“Kami menyampaikan terima kasih dan sukacita kami atas kehadiran Penjabat Gubernur NTT Bapak Ayodhia G. L. Kalake, SH, MDC di Kampus Politeknik St. Wilhelmus Boawae. Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami karena di tengah kesibukkannya, jauh-jauh datang ke kampus ini. Bagi segenap civitas akademika Politeknik St. Wilhelmus, kunjungan Bapak merupakan suatu bentuk peneguhan kami terlebih bagi para mahasiswa yang menempuh pendidikan di tempat ini. Semoga kesempatan yang berharga ini membawa dampak bagi kemajuan proses pembelajaran dan pengembangan lembaga pendidikan ini”, Ungkap Dia.

 

“Kuliah umum hari ini merupakan suatu bentuk pendidikan dan pencerahan untuk membantu meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang berbagai topik dan isu-isu yang terdapat dalam masyarakat. Kami yakin kehiadiran Bapak Penjabat Gubernur NTT akan membagikan hal-hal yang sangat berarti bagi Politeknik St. Wilhelmus yang memberikan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat di daerah”, Tambah Frederikus.

 

Setelah memberikan kuliah umum di Politeknik St. Wilhelmus Boawae, Penjabat Gubernur NTT melanjutkan kunjungan kerjanya dengan meninjau Rumah Sakit Pratama Desa Raja Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo.

 

Dalam peninjauan tersebut, Penjabat Gubernur Ayodhia memantau proses pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut dan berinteraksi dengan beberapa tenaga kesehatan. (BAP_NTT).

  • Bagikan