Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Peresmian Gedung SDN 0eli’i 2, Tepat di Hari Sumpah Pemuda

Pemotongan pita preresmian Gedung SDN Oeli'i 2 oleh Bupati Kupang dan pimpinan LSM Senin (30/10).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – “Atas nama pribadi dan Pemkab Kupang dan masyarakat serta seluruh pelaku pendidikan, menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bengkel Appek dan Yappika-Action AID sebagai Mitra Pemerintah yang sudah melaksanakan program sekolah aman di kabupaten Kupang dan telah menunjukkan eksistensi dan dedikasinya secara nyata dalam pembangunan bagi kemajuan pendidikan terutama akses ke gedung sekolah yang aman, sarana prasarana yang inklusif, lingkungan sekolah yang sehat dan lingkungan belajar yang berkualitas”.

 

Hal ini disampaikan Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya pada peresmian Gedung Sekolah Dasar Negeri 2 Oeli’i desa Oematnunu, Kecamatan Kupang Barat. Senin, (30/10/2023).

 

Masneno menjelaskan, melalui peresmian ruang kelas baru SDN Oeli’i 2 dapat dijadikan sebagai momentum dalam merealisasikan niat dan tekad semua pihak di bidang pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa di kabupaten Kupang.

 

“Ini menjadi perhatian serius dari semua pihak karena merupakan urusan wajib yang harus dilaksanakan sesuai amanat UUD 1945, baik oleh Pemerintah, masyarakat, LSM/NGO, Yayasan bahkan Badan Usaha/Swasta yang turut mengambil bagian dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dari pusat sampai ke daerah. Tidak hanya berfokus pada pembentukan peserta didik untuk menjadi cerdas dalam intelektual tapi juga memiliki karakter dan akhlak yang baik”, kata Korinus.

 

Bupati Korinus juga menyatakan, Pemerintah sebagai salah satu penyelenggara negara dalam porsi penyelenggaraan pendidikan yang merupakan urusan wajib pelayanan dasar yang menjadi tanggungjawab negara.

 

“Namun kenyataannya, pemerintah belum mampu melaksanakan tanggungjawab tersebut secara maksimal. Dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak terutama LSM/NGO yang membidangi pendidikan”, tambah dia.

 

Dia mengungkapkan, pemerintah telah mengalokasikan anggaran pendidikan setiap tahun, namun kenyataannya masih belum mampu menangani berbagai masalah, mulai dari sekolah yang kekurangan ruang kelas dan fasilitas lainnya. Masih ada sekolah yang kekurangan tenaga pendidik akibat lokasi sekolah yang sangat jauh serta masih banyak tenaga pendidik yang belum memenuhi kualifikasi pendidikan yang diharapkan.

 

“Mari berperan aktif dalam penyelenggaraan pendidikan untuk anak-anak kita yang merupakan investasi berharga karena masa depan bangsa dan negara ada ditangan mereka. Kebutuhan akan tenaga Pendidik juga merupakan hal yang penting. Apa arti sebuah gedung tanpa kualitas pendidikan bagi anak-anak kita? Mari bersatu padu meningkatkan mutu layanan pendidikan di kabupaten Kupang. Meski sekolah darurat otak tdk boleh darurat. Saya tidak ingin melihat lagi ada Sekolah beratap daun di kabupaten Kupang”, tegas Masneno.

 

Tidak hanya itu, Korinus Masneno juga mengharapkan kiranya dengan kehadiran SDN Oeli’i 2 Oematunu ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan pelayanan pendidikan bagi masyarakat Kupang Barat dan seluruh masyarakat Kabupaten Kupang.

“Dengan diresmikannya ruang kelas baru ini, diharapkan bisa memacu semangat para guru dalam mengajar dan memotivasi para siswa dalam belajar. Jaga lingkungan sekolah ini tetap bersih, terjaga dan terpelihara sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan aman dan tertib. Dan semoga ini merupakan langkah kesekian sebagai contoh bagi yayasan dan lembaga Mitra lain untuk pengembangan manusia khususnya dibidang pendidikan di kab. Kupang”, tutup Masneno.

 

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan tanda tangan prasasti oleh pihak Yappika-ActionAid.

 

Turut menghadiri, Staf Ahli Bupati sekaligus Plt. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang Marthen Rahakbaw. Anggota DPRD Yosef Lede. Direktur Bengkel Apek Vinsen Bureni. Direktur Eksekutif YAPPIKA-ActionAid Fransisca Fitri, Kepala Sekolah SDN Oeli’i 2 Elsy Tulle dan para guru. Para Pimpinan OPD kabupaten Kupang, Camat Kupang Barat, WaKapolsek Kupang Barat Adiyanto Sine, Babinsa Hendrik Wanda. (NH).

  • Bagikan