Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pemkab Kupang Gelar Rakor TPPS dan Sosialisasi Perbup Penanganan Stunting

Wakil bupati Kupang Jerry Manafe, saat memimpin Rakor TPPS Jumat (13/10/23).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Dalam rangka penurunan stunting dilakukan Rapat koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (rakor TPPS) tingkat kab. Kupang dan sosialisasi Peraturan Bupati terkait penanganan stunting yang dilaksanakan di kantor Bupati Kupang pada Jumat, (13/10/23).

 

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe.

 

Dalam sambutanya dia menyatakan Perpres no. 72 tahun 2021, tentang percepatan penurunan stunting mengamanatkan penyelenggaraan percepatan penurunan stunting dengan kelompok sasaran meliputi remaja, calon pengantin (usia subur), ibu hamil, ibu menyusui, anak berusia 0-59 bulan.

Untuk mencapai target penurunan prevalensi stunting diperlukan upaya percepatan lintas program dan lintas sektor.

Dia mwnjelaskan, perlu dilakukan sebagai upaya meningkatkan konvergensi perencanaan dan penganggaran percepatan penurunan stunting tingkat provinsi, daerah, desa dan bersama pemangku kepentingan yang berkesinambungan; Penguatan kelembagaan, Menyatukan program-program untuk penurunan stunting di Kabupaten Kupang; Menguatkan koordinasi dan sosialisasi dan Kolaborasi multipihak dan lintas sektor.

 

Jerry menuturkan, “Peraturan Presiden ini merupakan payung hukum bagi Strategi Nasional (STRANAS) Percepatan Penurunan Stunting yang telah diluncurkan dan dilaksanakan sejak Tahun 2018 dengan lima pilar strategi nasional percepatan penurunan stunting diantaranya Komitmen dan visi kepemimpinan, Kampanye nasional dan komunikasi perubahan perilaku, konvergensi, koordinasi, dan konsolidasi program pusat, daerah, dan desa, Gizi dan ketahanan pangan dan Penguatan dan pengembangan sistem, data, informasi, riset, dan inovasi”.

 

Dia berharap, melalui rakor TPPS tingkat kabupaten Kupang dan sosialisasi Peraturan Bupati terkait Penanganan Stunting ini, maka segala upaya perencanaan, pemantauan dan evaluasi sekaligus penguatan koordinasi lintas sektor.

 

“Terimakasih kepada seluruh pihak terkait yang sudah bekerja sama demi menurunkan angka stunting di Kabupaten Kupang”, ucap dia.

 

Selain itu dalam kegiatan Rapat lainnya bersama Pokja AKI-AKB dirinya berterima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat aktif dalam pembangunan kesehatan di kabupaten Kupang.

 

“Khusus kepada USAID-Momentum yang melalui kerjasama kemitraan dengan pemda”, kata dia.

 

Dirinya mengajak semua pihak terkait untuk terus berkolaborasi dan bekerjasama, baik di tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan sampai ke Desa, termasuk semua unsur lintas sektor baik swasta, akademisi, LSM dan Media Massa untuk memastikan masyarakat kabupaten Kupang dapat dengan mudah memperoleh layanan kesehatan.

 

Turut hadir, para Pimpinan OPD lingkup Pemkab Kupang yakni Kepala DP2KBP3A Yesay Lanus. Kadis Kesehatan Kabupaten Kupang dr. Robert Amaheka, Kepala BP4D Dikson Selan. Perwakilan Polres Kupang, LSM/NGO, para Camat dan Kapus dan PLKB. (NH).

  • Bagikan