Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

BPS Sebar 2. 838 Pendata, ke Seluruh NTT

Statistisi Madya BPS Provinsi NTT, Demarce M. Sabuna, SST, SE.,M.Si pada kegiatan Sosialisasi Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM 2023, di Aula Lantai II Kantor BPS Provinsi NTT, Senin (2/10/2023).

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – “Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur (BPS NTT) menyebar 2.838 Petugas ke Tengah masyarakat. Para Petugas Pendata Lapangan diterjunkan untuk melakukan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM Tahun 2023 di Provinsi NTT. Para petugas ini terbagi dalam beberapa item tugas yaitu Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka) 117 orang, Petugas Pemeriksa Lapangan (PML) 459 orang, Petugas Pencacahan Lapangan (PCL) 2.262 orang”.

 

Hal ini disampaikan Statistisi Madya BPS Provinsi NTT, Demarce M. Sabuna, SST, SE.,M.Si pada kegiatan Sosialisasi Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM 2023, di Aula Lantai II Kantor BPS Provinsi NTT, Senin (2/10/2023).

 

“Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM tahun 2023 (PL-KUMKM 2023) ini memiliki tujuan untuk memperoleh profil data Koperasi dan UMKM. Ini mencakup pelaku usaha, Unit Usaha/Perusahaan menurut wilayah maupun lapangan usaha. Lalu penggunaan tenaga kerja, pasokan dan pasar, Struktur pendapatan dan pengeluaran, dari kegiatan usaha/ perusahaan, Permodalan dan Pemanfaatan digitalisasi pada koperasi serta UMKM”, kata dia.

 

“Informasi yang didata pada PL-KUMKM 2023 meliputi identitas pelaku usaha/perusahaan, identitas usaha/badan usaha, Karekteristik Usaha/Perusahaan, Sumber Daya Manusia, Proses Produksi/bisnis, pemasaran dan Status keuangan. Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2022 sampai dengan tahun 2024 dimaksudkan untuk memperoleh data Koperasi dan UMKM yang bergerak di berbagai aktivitas usaha kecuali usaha pertanian. Usaha yang dicatat PL-KUMKM 2023 yakni Usaha Keluarga, Usaha Menetap, Usaha Tidak Menetap dan Usaha Keliling, atau dengan kata lain seluruh kategori Mon Pertanian,” katanya dalam konferensi pers.

 

Ia menyebut, Cakupan wilayah kegiatan PL-KUMKM 2023 di Provinsi NTT ada 16 Kabupaten/Kota yakni, Sumba Timur, TTU, Belu, Alor, Lembata, SIKKA, Ngada, Manggarai, Rote Ndao, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, Nagekeo, Manggarai Timur, Sabu Raijua, Malaka dan Kota Kupang.

Dalam menjalankan tugas nya para petugas PL-KUMKM 2023 memiliki atribut.

 

“Setiap Petugas dibekali dengan Id Card dengan Barcode yang dapat di scan. Setiap petugas dibekali topi dengan bertuliskan PL-KUMKM 2023, dengan logo BPS dan Kemenkop di sisi kiri kanannya. Serta setiap petugas dibekali dengan Surat Tugas Pelaksanaan PL-KUMKM 2023”, tandasnya.

 

Ia mengharapkan masyarakat dapat menerima dengan baik kedatangan Petugas PL-KUMKM 2023 dan menjawab pertanyaan dengan benar serta jujur, pungkasnya. (Ellena).

  • Bagikan