Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Satgas Pamtas RI-RDTL, Berganti

KUPANG, FLOVAMORA-SPOT – “Sesuai kebijakan Pimpinan TNI bahwa Operasi Pengamanan Perbatasan RI-RDTL dilaksanakan selama 1 tahun. Satgas Pamtas RI RDTL Yonif 742/SWY akan menggantikan Satgas Pamtas RI RDTL Yonif Raider Khusus 744/SYB di Sektor Timur dan Satgas Pamtas RI RDTL Yonkav 6/Naga Karimata akan menggantikan Satgas Pamtas RI RDTL Yonkav 10/Mendagiri, di Sektor Timur”.

 

Hal tersebut disampaikan Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M., dalam Amanatnya pada Upacara Penerimaan Satgas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL TA 2023/2024 Minggu (01/10/2023), di Lapangan Upacara Makolantamal VII Kupang.

 

Lebih lanjut Komandan Korem 161/Wira Sakti selaku Dankolakops Pamtas RI-RDTL mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas untuk melaksanakan tugas menjaga perbatasan RI-RDTL. Perintah tugas bagi setiap Prajurit TNI Angkatan Darat merupakan sebuah kehormatan, harga diri dan kebanggaan.

 

“Untuk itu, kepercayaan yang diberikan negara kepada Yonif 742/Satya Wira Yudha, Yonkav 6/Naga Karimata, Satgas Intel dan Satgas Bantuan dalam menjaga perbatasan RI-RDTL, agar dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya”, ucap Komandan Korem.

 

Satgas Pamtas RI-RDTL merupakan salah satu bentuk operasi militer selain perang sebagaimana tertuang jelas dalam Pasal 7 ayat (2) Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI demi menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI. Serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Tugas Pengamanan Perbatasan adalah cerminan kepribadian bangsa, sehingga setiap prajurit harus mampu menjadi suri tauladan masyarakat sekitar dan menggugah kesadaran mereka untuk ikut serta menjaga tapal batas Indonesia.

 

“Setelah upacara penerimaan ini, para prajurit Satgas Pamtas akan melaksanakan pergeseran pasukan menuju pos masing-masing. Laksanakan Serpas dengan tertib, taati peraturan yang berlaku dan utamakan faktor keamanan selama dalam perjalanan dan setibanya di pos masing-masing, laksanakan serah terima secara detail dengan Satgas lama”, kata komandan Korem.

 

Danrem ingatkan, tanyakan apabila ada hal-hal yang belum dimengerti, terutama berkaitan dengan tugas pokok baik kepada Komandan Pos Lama maupun anggotanya.
Temukan solusi untuk mengatasi segala permasalahan yang ada, sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Selanjutnya, segera laksanakan orientasi wilayah dan pelajari karakteristik medan, kenali tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Junjung tinggi dan pelajari adat istiadat dan budaya setempat, sebab setiap daerah memiliki aturan adat yang berbeda-beda dan tidak seluruhnya tertulis.

 

“Sehingga apabila terjadi permasalahan, segera dapat mengambil tindakan yang tepat dan tidak bertentangan dengan aturan adat yang berlaku maupun Hak Azasi Manusia (HAM)”, tegas Danrem.

 

Selama melaksanakan tugas Satgas Pamtas, optimalkan Pembinaan Teritorial, bantu kesulitan masyarakat di sekitar pos dan hindari pelanggaran sekecil apapun, terutama yang dapat menyakiti hati rakyat. Pahami tugas pokok dan tanggung jawab sebagai Satgas Pamtas RI-RDTL agar tidak terjadi pelanggaran batas wilayah yang dilakukan oleh TNI. Laksanakan koordinasi yang erat dengan penjaga perbatasan dari RDTL Unidade de Patrulhamento de Fronteiras (UPF) sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.Jalin kerja sama yang baik dengan Instansi terkait dan hindari terjadinya selisih paham dengan satuan tetangga dan masyarakat.

 

“Tanamkan rasa loyalitas, sikap saling menghormati dan pengabdian kepada negara sebagai wujud dari jiwa korsa yang sudah menjadi identitas seorang prajurit”, imbaunya.

 

Kepada seluruh prajurit Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/Satya Wira Yudha, Yonkav 6/Naga Karimata, Satgas Intel dan Satgas Bantuan dia mengucapkan Selamat melaksanakan tugas dengan penuh semangat dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

 

“Senantiasa memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI. Tetap jaga kesehatan dengan melaksanakan jadwal rutinitas olah raga dan pemeriksaan kesehatan”, tutupnya.

 

Turut hadir pada kegiatan penerimaan Satgas pamtas RI-RDTL yaitu: Danlantamal VII/Kupang, Perwakilan dari Lanud Eltari Kupang, Kasrem 161/Wira Sakti, Para Kasi Kasrem 161/WS dan Para Danka Balak Aju Kodam IX/Udayana. (Penrem).

  • Bagikan