Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

CPP Tahap II, Disalurkan

Pj. Wali Kota Kupang Fahrenzy P. Funay saat menyalurkan bantuan pangan tahap II kepada masyarakat Senin (11/9/23).

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy P. Funay, SE,M.Si, melaunching penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) tahap II.

Launching berlangsung di Kantor Lurah Nefonaek, Kecamatan Kota Lama, Senin (11/9).

Dalam sambutannya Pj Wali Kota menyampaikan penyaluran CPP tahap II dilaksanakan secara serentak oleh pemerintah pusat dan daerah.

Kegiatan ini menurutnya, sesuai dengan arahan Presiden RI saat penyerahan penghargaan untuk Kota Kupang sebagai Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Indeks Harga Konsumen (IHK) terbaik tahun 2022 untuk wilayah Nusa Tenggara, Maluku dan Papua di Istana Negara belum lama ini.

 

Kepada seluruh kepala daerah Presiden minta untuk mempersiapkan cadangan pangan guna mengantisipasi gagal panen dan rawan pangan sebagai dampak dari el nino atau kekeringan yang berkepanjangan.

 

Penyaluran CPP juga merupakan salah satu upaya untuk pengendalian inflasi.

 

Ungkapan terima kasih disampaikan kepada pemerintah pusat yang melalui program ini sudah memberi perhatian kepada masyarakat Kota Kupang yang terdampak akibat kenaikan harga pangan.

 

Apresiasi juga disampaikan kepada Perum Bulog dan PT Pos Indonesia Cabang Kupang yang sudah mendukung Pemkot Kupang menyalurkan bantuan ini kepada masyarakat.

 

Dia mengakui, berkat kerja sama yang baik dengan semua stakeholder terkait, inflasi di Kota Kupang dapat terkendali dan bisa mendapatkan penghargaan.

 

Dia memastikan akan mengevaluasi lebih lanjut upaya pengendalian inflasi agar tetap terkendali. Salah satunya melalui sidak harga di pasar, yang dilakukannya pada pagi hari sebelum kegiatan untuk memastikan kestabilan harga dan ketersediaan stok, serta untuk mengantisipasi permainan harga oleh para spekulan.

 

Pimpinan Wilayah Perum Bulog NTT, Himawan, menambahkan kegiatan ini merupakan penyaluran CPP tahap II.

Sebelumnya pada April 2023 lalu sudah disalurkan bantuan untuk 584.637 keluarga penerima manfaat di NTT, khusus Kota Kupang sejumlah 17.766 KPM.

 

Bantuan ini menurutnya untuk mengurangi beban pengeluaran dari keluarga penerima manfaat sekaligus sebagai upaya untuk mengatasi kerawanan pangan, gizi buruk dan stunting serta diharapkan berdampak pada upaya pengendalian inflasi. Terima kasih disampaikannya kepada lurah dan tim yang sudah memfasilitasi kegiatan ini.

 

Launching ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Pj Wali Kota kepada 10 perwakilan keluarga penerima manfaat. Masing-masing keluarga menerima 10 kg beras setiap bulan selama 3 bulan ke depan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan Wilayah Perum Bulog NTT, Himawan, Eksekutif General Manager PT Pos Indonesia Kantor Cabang Utama Kupang, Richwan Boy. Sekretaris Dinas Sosial Provinsi NTT, Bonifatius Habrianto, S.Sos, Perwakilan Satgas Pangan NTT, Kasubdit I Indag Ditreskrimsus Polda NTT, AKP Rendy Widyadharma S.TK, SIK. Kepala Dinas Sosial dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Kupang, Camat Kota Lama serta para lurah se-Kecamatan Kota Lama. (PKP_ans).

  • Bagikan