Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Tegakkan Disiplin ASN, PLH Sekkot Kupang Keliling Dari Ruangan ke Ruangan

PLH Sekda Kota Kupang Frengki Amalo saat melakukan sidak di sekretariat daerah Kota Kupang Kamis (24/8/23).

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Dalam rangka menegakkan disiplin pegawai Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kota Kupang, Frengki Amalo, S.Sos, MM, melakukan inspeksi mendadak mengecek kehadiran pegawai di lingkup Sekretariat Daerah Kota Kupang, Kamis (24/8).

Kepada para pegawai yang ditemui, Plh. Sekda menjelaskan, sidak pagi ini dilakukan berdasarkan arahan Penjabat Wali Kota, dalam rangka menegakkan disiplin aturan yang sudah ada dan bukan merupakan hal yang baru.

Menurutnya, bersama Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy P. Funay, SE, M.Si, dia berkomitmen untuk memperbaiki disiplin pegawai yang sudah mulai lemah.

 

Dia mengakui, saat ini absen pagi tidak menjadi jaminan bahwa seorang pegawai sudah bekerja dengan baik.

 

“Masih ada oknum pegawai yang hanya datang absen pagi lalu putar-putar, kemudian kembali jam 4 sore untuk absen pulang,” ungkapnya.

 

Namun dengan penegakan disiplin seperti ini dia berharap kebiasaan yang keliru seperti itu bisa diperbaiki.

 

Para pegawai didorong untuk lebih disiplin dan bertanggung jawab dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing, mulai dari Sekretariat Daerah sebagai dapur dari Pemerintah Kota Kupang.

Dalam sidak tersebut, PLH. Sekda yang juga adalah Inspektur pada Inspektorat Kota Kupang itu menemukan masih banyak pegawai yang belum disiplin. Bahkan di beberapa perangkat daerah jumlah pegawai yang hadir masih di bawah 50 persen dari keseluruhan pegawainya.

 

Frengki menambahkan, para pegawai yang terlambat hari ini tidak diberi sanksi, tapi hasil sidak akan menjadi catatan yang akan diteruskan kepada Penjabat Wali Kota Kupang sebagai laporan.

 

Sidak dimulai dari ruangan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) di lantai 3 Kantor Wali Kota Kupang, kemudian berlanjut ke Kantor Badan Kesbangpol Kota Kupang dan Bagian Organisasi yang menempati lantai yang sama.

 

Selanjutnya Plh. Sekda bersama rombongan turun melakukan sidak di lantai 2, dimulai dari ruangan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, lalu Bagian Perencanaan dan Keuangan serta Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Kupang.

 

Sidak berlanjut ke lantai 1, dimulai dari ruangan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Bagian Ekonomi, Bagian Pemerintahan, Bagian Hukum, Bagian Sumber Daya Alam, Bagian Kerja Sama lalu Bagian Umum.

Sidak berakhir di ruangan Bagian Administrasi Pembangunan yang letaknya terpisah dari gedung utama Sekretariat Daerah.

 

Selain mengecek kehadiran pegawai, Plh. Sekda juga berkesempatan memberikan motivasi kepada para pegawai untuk bekerja lebih baik lagi. (PKP_ans)

  • Bagikan