Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Buka Workshop, Rima:”Semoga Mampu Memberikan Penyegaran”

Plt. Sekda kabupaten Kupang Rima Salean didampingi pimpinan Save the children Saat membuka wirkshop Kamis (13/7/23).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Save the Children dan Pemerintah Kabupaten Kupang menggelar Workshop tentang kebijakan dan Penganggaran, Mendukung Pencegahan Stunting Menggunakan Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku melalui Program BISA (Better Investment for Stunting Allevation) di kabupaten Kupang dari Save The Children dan Nutrition Internasional.

 

Workshop dilakukan bersama Camat, Kades, Kapus dan Bidan Desa di aula Bupati Kupang, Kamis (13/7/23).

 

“Pemkab Kupang menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pihak Save The Children karena telah melaksanakan kegiatan Workshop hari ini. Semoga mampu memberikan penyegaran bagi kita semua khususnya pemerintah desa dan kecamatan dalam rangka membangun komitmen percepatan penurunan stunting”, ucap Plt. Sekda Kabupaten Kupang Rima Salean saat membuka workshop tersebut.

 

Dalam sambutannya, Rima Salean juga memberikan beberapa arahan sekaligus penegasan tentang penurunan angka stunting yang masih menjadi prioritas pembangunan daerah tahun 2024, selain pengentasan kemiskinan ekstrem, pengendalian laju inflasi, antisipasi rawan pangan dan pemenuhan layanan dasar.

 

“Karena itu, stunting perlu ditangani dengan serius, lebih tepat sasaran dan berkelanjutan dengan tujuan tidak hanya menurunkan angka stunting melainkan mencegah munculnya kasus baru”, tegas dia.

Rima melanjutkan, angka stunting pada penimbangan Februari berada pada angka 16,18 % atau 4.899 dari total jumlah balita di kabupaten Kupang 30.271 anak. Angka ini menurun 3,7 % atau 1.219 balita dari tahun 2022. Penurunan ini tentu tidak terlepas dari para pihak terkait.

 

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mengambil bagian dan terlibat secara aktif dalam upaya penanganan stunting di kabupaten Kupang. Saya berharap, para pimpinan OPD/lembaga Mitra terkait dalam penanganan stunting agar terus meningkatkan upaya konvergensi yang telah dilakukan selama ini dengan menghilangkan ego sektoral karena stunting bukan menjadi tugas dan masalah pemerintah atau sekelompok orang melainkan masalah kita bersama yang harus diselesaikan baik dengan TNI/Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat maupun lembaga non pemerintah yang ada”, ujar Rima Salean.

 

Dia mengatakan, Pemdes sebagai ujung tombak pemerintahan yang dekat dengan masyarakat diharapkan memahami betul kondisi terkini masyarakat dengan mengenali kondisi aktual kelompok sasaran penanganan stunting yang meliputi remaja putri, calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui dan anak balita.

Pada akhir sambutannya Rima mengajak Pemdes agar mengoptimalkan sumber daya dan potensi yang ada di desa.

 

“Kurangi pembebanan anggaran pada belanja yang bersifat rutinitas dan operasional semata, serta tingkatkan belanja barang/jasa yang berkaitan langsung dengan kebutuhan masyarakat sehingga target capaian kita dalam RPJMD untuk penurunan stunting di tahun 2024 menjadi 9,3 % dapat tercapai”, jelas dia.

 

Koordinator BISA Distric NTT, Devi Taunu, mengatakan, Better Investment for Stunting Alleviation (BISA) adalah paket intervensi terpadu untuk mendukung program Pemerintah Indonesia melalui intervensi gizi-spesifik dan gizi sensitif untuk menurunkan stunting sebagaimana tertuang dalam Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting 2018-2024.

 

Taunu menerangkan, yang dilakukan oleh Nutrition Internasional dan Save The Children, sesuai perjanjian kerja sama dengan Pemda yang telah ditanda tangani bersama.

 

“Untuk wilayah intervensi kami, termasuk di dalamnya yakni kabupaten Kupang dan Timor Tengah Utara. Dalam program BISA, kami akan memastikan peningkatan perpaduan, akses layanan, pengelolaan sumber daya dan penerapan kebijakan, hasil yang akan kita capai adalah perilaku masyarakat. Rancangan perdes yang mendukung penanganan stunting di tingkat desa dan anggaran yang berfokus pada perubahan perilaku. Mari bersama kader posyandu dan bidan, sama-sama kita dukung kegiatan ini demi penanganan stunting terintegrasi di kab. Kupang”, ujarnya.

 

Kegiatan diwarnai dengan emotional demonstrasi oleh para Kader dari desa Oematnunu Kecamatan Kupang Barat.

Turut hadir, para pimpinan OPD terkait salah satunya Kaban Perencanaan Daerah Dikson Selan, para Camat, para Kades, para Kapus, dan Bidan Desa se kab. Kupang, juga kades Letmafo Timur dari kab. TTU. (NH).

  • Bagikan