Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

100 Anak Kota Kupang, Ikut Khitanan Massal

Pj. Wali Kota Kupang G.M. Hadjoh saat menyampaikan sambutan pada kegiatan khitanan massal Selasa (4/7/23).

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Sedikitnya 100 anak kota Kupang mengikuti khitanan massal yang digelar Pemerintah Kota Kupang, Selasa (4/6/23).

 

Khitanan massal digelar Setelah 2 tahun karena pandemi covid 19. Kali ini khitanan massal digelar di Masjid Nurul Iman Oebobo.

 

Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, SH, turun langsung membuka kegiatan tersebut.

 

Dalam sambutannya Penjabat Wali Kota menyampaikan terima kasih kepada Imam Masjid dan pengurus Yayasan Nurul Iman yang telah berkenan memberi ruang bagi Pemerintah Kota Kupang untuk melakukan kegiatan sosial kemanusiaan bernuansa keagamaan seperti khitanan massal ini.

 

“Terima kasih juga disampaikan kepada perangkat daerah serta camat dan lurah serta para tenaga kesehatan yang sudah mensuport sehingga kegiatan ini dapat terselenggara”, kata dia.

George berharap ke depan Pemkot Kupang bisa menggelar khitanan massal secara serempak di 54 masjid yang ada di Kota Kupang.

 

Pada kesempatan yang sama George juga mengapresiasi para pengurus dan jamaah Masjid Nurul Iman Oebobo yang sudah membuat lingkungan masjid menjadi bersih dan hijau.

 

“Ini bukti pengurus dan jamaah Nurul Iman sudah menjadikan kebersihan sebagai bagian dari iman,” ungkapnya.

 

Kepala Bagian Kesra Setda Kota Kupang, Djoni D. Bire, SH dalam laporannya menyampaikan kegiatan khitanan massal merupakan salah satu program Pemerintah Kota Kupang di bidang sosial yang secara rutin telah di laksanakan sejak tahun 1997.

Pada hakikatnya kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari pemerintah, dalam rangka meningkatkan kualitas hidup umat beragama di Kota Kupang.

 

Lebih lanjut dia mengatakan, dari aspek kerohanian kegiatan khitanan adalah salah satu manifestasi pelaksanaan ajaran agama. Aedangkan dari aspek kesehatan kegiatan ini memberi dampak positif terhadap upaya peningkatan kesehatan masyarakat khususnya anak anak, agar mereka tumbuh menjadi generasi muda yang sehat dan mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah dan nasional di masa mendatang.

 

Sementara dari aspek sosial ekonomi, kegiatan ini bertujuan membantu meringankan beban masyarakat.

 

Pemerintah senantiasa berusaha memberikan pelayanan publik yang lebih baik bagi masyarakat melalui berbagai kegiatan strategis yang berpihak pada kepentingan masyarakat.

 

Peserta khitanan massal tahun 2023 yang terdaftar sebanyak 100 peserta, terdiri dari 99 laki laki dan 1 perempuan dengan rincian; Kecamatan Kota Raja 24 peserta, Kecamatan Oebobo 33 peserta, Kecamatan Maulafa 18 peserta, Kecamatan Kelapa Lima 6 peserta, Kecamatan Kota Lama 9 peserta dan Kecamatan Alak 10 peserta.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Yayasan Nurul Iman Oebobo, H. Ismail Kasim, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Kupang, Jeffry E. Pelt, SH, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Ignasius R. Lega, SH, para pimpinan perangkat daerah, Plt. Camat Oebobo dan Lurah Oebobo beserta jajaran.
(PKP_ans).

  • Bagikan