Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Bupati Kupang, Temui Masyarakat Semau di Beberapa Lokasi, Sebelum Resmikan Lapak Pasar Rakyat

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Bupati Kupang Korinus Masneno bersama Plt. Sekda Kabupaten Kupang Rima Salean, Asisten 2 Sekda Kabupaten Kupang Messak Elfeto, para Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Kupang, melakukan kunjungan ke Kecamatan Semau Kabupaten Kupang sabtu (6/5/2023).

 

Kunjungan ini dalam rangka meresmikan Lapak/ Pasar rakyat yang ada di Desa Letbaun dan peletakan batu pertama objek wisata rakyat.

 

Sebelum sampai di Letbaun, Bupati Korinus Masneno menyempatkan diri mengunjungi Desa-Desa lainnya di Kecamatan Semau.

 

Kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Kupang ini sendiri bukan hanya ditunggu-tunggu baik oleh Kepala Desa, perangkat desa serta masyarakat, namun juga ditunggu para guru dan siswa sekolah Dasar di Semau.

 

Lokasi pertama yang disinggahi Bupati Masneno adalah objek wisata gua alam “Lea Talae” di dusun 5 Oesemuk Kecamatan Semau

 

Ia disambut baik tokoh masyarakat di tempat tersebut.

 

Potensi wisata ini belum diketahui publik dan Pejabat daerah pertama yang berkunjung ke lokasi wisata ini adalah Bupati Masneno.

 

Demikian dijelaskan tokoh adat Petrus Sindelu.

 

Yang menarik dari tempat ini adalah dinding batu dalam gua tersebut, ada sebagian bebatuan yang terlihat mengkilap seperti permata.

 

Pengunjung bisa gunakan cahaya ponsel, untuk melihat kilauan batu tersebut.

 

Tak hanya itu, air bersih dalam gua tersebut, sering masyarakat setempat manfaatkan sebagai tempat pemandian.

 

Hanya sumber mata air dalam gua tersebut belum diketahui secara pasti dari mana asalnya. Namun nampak tetesan kecil air, menetes dari sela-sela atas batuan.

 

Bupati Masneno bersama rombongan melanjutkan perjalanan, dan menyinggahi SD Negeri Hansisi Jalan Oesemuk.

 

Kepada pihak sekolah, Bupati mengatakan, akan memberikan semangat dan motivasi kepada para guru agar memberikan pelayanan pendidikan terbaik kepada anak didik.

 

“Anak-anak ini adalah generasi Penerus yang perlu kita perhatikan dan didik dengan baik,” pesannya.

 

Terhadap beberapa sarana prasarana yang ada Bupati Masneno menegaskan, akan menugaskan Dinas PK menginventarisir untuk dibantu.

 

Selanjutnya rombongan menuju Objek wisata Kolam pemandian Uiasa, Desa Uiasa, Kecamatan Semau untuk beristirahat sejenak.

 

Bupati Masneno mengapresiasi semangat masyarakat Uiasa yang merawat kolam tersebut secara baik dan menjadi lokasi wisata yang nyaman dikunjungi.

 

Masneno berharap potensi-potensi wisata ini dapat dikembangkan menjadi tujuan wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan saat ke pulau Semau selain lokasi wisata unggulan lain yang sudah ada.

 

Beralih dari situ, Bupati Masneno dan rombongan singgah di SD Negeri Letbaun.

 

Ia menemui guru dan siswa SD dan berfoto bersama.

 

Masneno juga melihat kondisi-kondisi ruangan dan menanyakan jumlah guru, anak didik dan sarana prasarana yang ada.

 

Terhadap kebutuhan perpustakaan di sekolah tersebut dirinya menjanjikan akan dibangun.

 

Lokasi selanjutnya bersama rombongan dirinya menuju lokasi kegiatan peresmian Lapak/Pasar Rakyat Desa Letbaun Kecamatan Semau.

 

Di tempat itu, Bupati mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Semau yang berkenan menunggu kehadirannya.

 

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Kades Letbaun, Carlens Bising.

 

“Kades ini adalah anak muda yang punya kreasi bagus yang berkenan memimpin desa ini menuju ke arah yang lebih baik. Salah satu bukti nyata adalah pembangunan lapak/pasar rakyat yang diresmikan hari ini. Masyarakat desa bisa pasarkan produk lokalnya disini. Belum semua desa di Kabupaten Kupang mampu membangun lapak seperti ini. Dan ini satu-satunya desa di Kabupaten Kupang yang alokasikan dana kurang lebih 21 juta untuk bangun lapak seperti ini. Ini perlu di replika/ditiru oleh Kades lainnya di Kabupaten Kupang,” katanya memuji mantan wartawan ini.

 

Tak hanya itu, Bupati Masneno juga menyampaikan terima kasih kepada Kades Carlens Bising untuk penanganan stunting di Desa ini yang sangat baik.

 

Jumlah anak stunting di Desa Letbaun hanya 3 orang anak.

 

“Hari ini akan diberikan makanan tambahan dari orangtua asuh balita stunting untuk anak-anak Kecamatan Semau kategori gizi buruk dan kurang gizi. Karena anak stunting kategori gizi kronis hanya 3 anak, maka selain untuk mereka, diberikan juga ke anak yang gizi buruk dan kurang gizi, kurang lebih berjumlah 14 anak,” terang Masneno.

 

Hal lain yang diungkapkan Masneno adalah permintaan pembangunan jalan yang dikemukakan oleh Camat Semau, Yoel Laitabun.

 

Terhadap hal ini Bupati menjelaskan, akan dipecahkan dari waktu ke waktu. Dan bisa dimasukan dalam perencanaan tahun 2024 untuk direalisasikan di tahun berikutnya.

 

Tak hanya itu, ia berupaya dana insentif yang akan diberikan pemerintah pusat untuk Pemda Kabupaten Kupang di pertengahan tahun ini, di fokuskan ke Semau.

 

Kepada DPRD yang hadir dari Dapil IV Semau, Yogerens Leka dan Johanis Munah, Bupati Masneno berharap sama-sama menyerap aspirasi masyarakat Semau sehingga pelaksanaan pembangunan bisa berjalan dengan baik.

 

Di akhir sambutannya, Bupati mengatakan, Kades dan Camat adalah perpanjangan tangan dirinya yang bekerja untuk kesejahteraan rakyat.

 

“Bupati di desa adalah Kepala Desa dan Bupati di Kecamatan adalah Camat. Mari kita bekerjasama untuk kepentingan masyarakat menuju hidup yang lebih baik. Saya akui bahwa hari ini saya berkunjung ke desa orang kaya. Sepanjang perjalanan sejauh mata memandang, saya belum melihat rumah daun, yang ada hanya rumah tembok. Luar biasa kehidupan masyarakat Semau. Bagi saya, orang Semau orang berhasil. Kalau pun ada yang kurang nanti kita benahi bersama Pemerintah. Terima kasih atas penerimaan diri saya di tempat ini,”pujinya bersemangat.

 

Masih di Desa Letbaun, Bupati kembali melakukan peletakan batu pertama fasilitas pariwisata Desa Letbaun ”Ui Hlian” tepatnya di dusun 5 Baham Salit.

 

Ui Hlian mengandung arti : Air Dalam Gua. Salah satu potensi wisata dimana air yang ada dalam gua, bisa dimanfaatkan sebagai tempat pemandian.

 

Beranjak dari Desa Letbaun, Bupati bersama rombongan menuju Kantor Desa Batuinan.

 

Bupati berdialog bersama masyarakat desa Batuinan. Kepada masyarakat yang ada Bupati Masneno mengatakan, akan memberikan dukungan bagi pengembangan usaha masyarakat baik dalam ternak ayam KUB dan lainnya.

 

Turut hadir Camat Semau dan Semau Selatan serta Kepala Desa se-kecamatan Semau.

  • Bagikan