Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Gubernur NTT Sebut, Penting, Bangun Generasi Kelompok Perempuan Berkualitas

LARANTUKA, FLOBAMORA-SPOT – Usai melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Lembata, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) kembali melanjutkan kunjungan kerja ke Pulau Adonara Kabupaten Flores Timur Kamis (27/4/23).

 

Pada kesempatan ini Gubernur VBL berkunjung ke Kampung Kreatif Desa Pledo Kecamatan Witihama untuk melakukan tatap muka dan dialog bersama masyarakat.

 

Dalam sambutannya, Gubernur mengungkapkan, pentingnya membangun generasi kelompok perempuan yang berkualitas dan mampu menjadi kader pembangunan untuk dapat dapat mendukung program pemberdayaa bagi kesejahteraan masyarakat.

 

“Kita tentunya sangat membutuhkan partisipasi kelompok perempuan untuk juga mengambil peran dalam pembangunan. Kita harus berpikir terbuka dan luas dengan ada kesamaan hak bagi kelompok perempuan untuk memberikan aspirasi, ide brilian, serta mengambil langkah dan kebijakan penting,” ungkap Gubernur VBL.

 

“Kelompok Perempuan itu punya keunggulan multi tasking dan juga berperan penting membentuk generasi penerus dengan baik. Kita mengambil contoh sederhana seperti seorang ibu mendidik, membina, memberikan asupan gizi yang baik bagi anak, dan juga berperan membangun rumah tangga dan keluarga,” jelas Gubernur.

 

“Sebuah daerah itu maju kalau kelompok perempuan itu peradabannya sudah maju. Dengan membangun generasi perempuan yang unggul maka kita juga melakukan peningkatan kualitas peradaban dan pembangunan daerah,” tambah Gubernur VBL.

 

Di tempat yang sama Gubernur menjelaskan, ke depannya perlu dibangun bandara di pulau adonara.

 

“Penting untuk membangun bandara agar membantu melayani transportasi di kawasan flores timur, lembata dan alor. Ini kawasan yang luar biasa dengan alamnya eksotis, gunung yang indah, dan juga pantai dan laut yang luar biasa memikat. Maka kita perlu bangun bandara di sini untuk juga mengangkat pariwisata dan sektor lainnya di pulau adonara ini,” kata Gubernur.

 

“Kita ingin agar landasan runway bandara yang dibangun mencapai 3.000 meter sehingga bisa dilandasi pesawat wide body. Kalau kita bisa bangun bandara di sini maka akan mendukung pariwisata selain labuan bajo dan juga kabupaten lainnya di pulau flores dan berdampak positif pada peningkatan ekonomi daerah,” katanya.

 

“Kalau bandara disiapkan untuk mendukung pariwisata, maka masyarakat juga harus siap terkait dengan desain kebersihan lingkungan dan juga memberikan pelatihan bahasa asing seperti bahasa inggris bagi anak-anak dan masyarakat. Hal ini penting bagi kita untuk membantu memberikan pelayanan bagi pengunjung dari luar negeri yang datang,” kata Gubernur.

 

Pada kesempatan tersebut juga, Gubernur VBL menerangkan potensi tenaga listrik dengan pemanfaatan arus laut yang ada diantara lembata, flores timur dan adonara untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan.

 

Sementara itu, Penjabat Bupati Flores Timur Doris Rihi menyampaikan apresiasi kepada Gubernur yang telah melakukan kunjungan di Kabupaten Flores Timur khususnya di Pulau Adonara serta memotivasi dan memberikan arahan kepada masyarakat.

 

Untuk diketahui, di hari yang sama juga Gubernur VBL menghadiri acara penyerahan bantuan kepada SMA/SMK Se-Kabupaten Lembata di SMA Negeri 1 Nubatukan Lembata.

 

Gubernur Juga melakukan Peresmian Alat Penyulingan Air Laut Menjadi Air Minum di Desa Pledo Kecamatan Witihama Adonara.

  • Bagikan