Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Jerry Manafe Sebut Anak Adalah Generasi Penerus, Perlu Disiapkan Dengan Baik

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Wabup Jerry Manafe menghadiri kegiatan penimbangan dan dan pengukuran bayi stunting di Posyandu Sonkiko, Desa Oeniko, kecamatan Amabi Oefeto Timur Selasa (12/4).

 

Pada kesempatan itu Jerry mengatakan, anak adalah generasi penerus di masa depan. “Oleh karena itu anak-anak bayi dan balita harus dipersiapkan segala hal dari mereka, terutama kesehatan mereka, sehingga mereka tumbuh dengan baik dan siap menjadi penerus kita dimasa mendatang”, kata Jerry.

 

Ketua TPPS Kabupaten Kupang itu berpesan kepada Pemerintah Desa juga Kapolsek dan jajarannya untuk mensosialisasikan kepada para masyarakat (khususnya perempuan) mencegah kehamilan di luar nikah.

 

Menurut dia, yang belum menikah sah segera mengurus dokumen untuk dinikahkan secara agama dan pencatatan sipil agar bisa digunakan dalam proses administrasi segala kepengurusan.

 

“Karena hamil di luar nikah ini juga merupakan salah satu faktor penunjang meningkatnya stunting di kabupaten. Kupang karena kurang memperdulikan tumbuh kembang saat hamil hingga melahirkan”, terang dia.

 

Menurut dia, Perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat khususnya bagi ibu hamil dan orangtua bayi balita melalui para kader dan nakes di posyandu.

 

“Kurangnya pengetahuan dari para kader tentang stunting, Kapus dan nakes diharapkan dapat memberikan edukasi bagi para kader tentang stunting agar bisa disampaikan langsung kepada masyarakat apa itu stunting dan bagaimana penanganannya. Ada 88 anak di posyandu ini dengan 13 anak yang stunting. Kalau stunting bisa menurun hingga 13 % hingga 0%. Begitu juga dengan gizi buruk kiranya bisa teratasi”, ujar Wabup Jerry Manafe.

 

Turut hadir, Kapolsek Amabi Oefeto Timur IPTU Jeremi I.Lesitona. Kades Oeniko Dominggus Lole, KMK Amabi Oefeto Timur Pdt. Abshalom Tanaos. Kepala TU Puskesmas Oenunutono Anastasia Jeniwa, tenaga gizi, tokoh agama dan bayi balita serta ibu hamil.

  • Bagikan