Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Temui Bupati Kupang, Perhiptani Minta Ini

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Kupang, Jumad, (31/3/2023) bertemu Bupati Kupang Korinus Masneno di Kantor Bupati.

 

Kedatangan rombongan rangka meminta kesediaan Bupati Kupang untuk mengukuhkan Organisasi Profesi Perhiptani, sesuai jadwal.

 

Bupati Kupang yang didampingi Asisten 2 Mesak Elfeto dan Kadis Pertanian, Amin Juariah, dalam kesempatan itu menyatakan bersedia untuk mengukuhkan Perhiptani Kabupaten Kupang.

 

Dirinya respek dengan pembentukan organisasi ini. Sebab baginya, organisasi ini dianggap mampu memperkuat diri para Penyuluh ketika sampai ke masyarakat.

 

Menurut dia, masyarakat butuh inovasi baru dan terkadang dalam kondisi tertentu masyarakat butuh perlindungan hukum.

 

Dalam pelaksanaan tugas ini nantinya, Bupati meminta keterlibatan perguruan tinggi, bangun koordinasi internal dengan dewan pakar yang sudah ditetapkan.

 

Menurut Bupati Masneno Penyuluh Pertanian adalah komponen yang sangat penting karena merupakan perpanjangan tangan semua dalam rangka pelaksanaan operasional teknis di lapangan.

 

“Saya sangat mendambakan penyuluh pertanian bisa bekerja lebih profesional, merakyat dan jadi pendamping yang baik dalam memfasilitasi pembangunan ekonomi masyarakat,”harap Masneno.

 

Menutup arahannya, Bupati beri apresiasi pembentukan organisasi ini.

 

Soal kapan nanti pengukuhannya, Bupati berpesan agar Pengurus tidak hanya sekedar nama, melainkan beri tindakan nyata dalam memberi motivasi baru. “Pembentukan kerjasama baru supaya eksistensinya bisa diketahui”, kata dia.

 

Sementara Ketua Dewan Pengurus Daerah Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia Kabupaten Kupang, Akostan Birelawa menyatakan, tujuan dari dibentuknya Perhiptani adalah mengembangkan sistem penyuluhan pertanian yang efektif, efisien dan produktif, dilaksanakan bersama pemerintah dan masyarakat; mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu, teknologi, metode dan manajemen penyuluhan pertanian; serta membina jiwa korsa, mengembangkan profesionalisme dan menyalurkan aspirasi penyuluh pertanian.

 

Dia menambahkan, Perhiptani Kabupaten Kupang sebagai organisasi profesi penyuluh pertanian, berkewajiban dan mempunyai komitmen yang kuat dalam meningkatkan profesionalisme dan membangun etos kerja para penyuluh pertanian.

 

Perhiptani sebagai organisasi profesi perlu dikembangkan dan dimantapkan baik mencakup kepengurusan, profesionalisme maupun kegiatannya sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

  • Bagikan