Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Jembatan Termanu Jebol Akses trans Amfoang, Buntuh

Kontributor : Ss_D_tribratanewskupang.com Editor: Redaksi

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Dahsyatnya kekuatan air sungai Termanu akhirnya membuat Orpit Jembatan Termanu yang terletak di Rt.12,  Rw. 06, Dusun III Desa Manubelon, Kecamatan  Amfoang Barat Daya, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, jebol Jumat (3/3/2023) pagi.

 

Volume air sungai itu terus meningkat akibat intensitas hujan yang tinggi. Hal ini mengakibatkan air sungai meluber hingga kedua sisi jembatan bahkan meluap hingga pemukiman dan perkebunan warga.

 

Jebolnya orpit jembatan Termanu menyebabkan akses trans Amfoang buntuh. Kendaraan tidak bisa lagi melintasi jembatan itu.

 

Kapolres Kupang AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K, M.H membenarkan terjadinya peristiwa ini.

 

Ia menjelaskan, luapan banjir di beberapa sungai di Kabupaten Kupang termasuk Sungai Termanu disebabkan oleh tingginya instensitas hujan dua tiga hari ini.

 

Jembatan terbesar di wilayah Amfoang Barat Daya ini, acapkali diterjang banjir setiap kali musim penghujan tiba. Hal ini menyebabkan akses warga yang keluar masuk ke empat kecamatan masing -masing Amfoang Utara, Amfoang Barat Laut, Amfoang Timur serta sebagian Amfoang Barat Daya), lumpuh total. Ini karena tidak ada satupun jalur alternatif yang bisa dilalui.

 

Kapolsek Amfoang Selatan Iptu Johni Sogeng yang standby di lokasi banjir  meminta warga yang melintas untuk berhati-hati karena arus air masih deras. Bagi warga di pinggir kali Termanu diharapkan segera pindah ke tempat yang aman.

  • Bagikan