Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Jangan Fokus Pada Pegawai Negri, Masih Banyak Lapangan Kerja

Kontributor : RD_Sintus Editor: Redaksi

KUPANG FLOBAMORA-SPOT – Anggota DPRD Kota Kupang, Ir. Rikardus Outniel Yunatan, MM, membakar semangat Mahasiswa dan Calon Wisudawan untuk memiliki skill menghadapi pasar global. Hal itu ia sampaikan saat tampil sebagai Pembicara dalam Talk Show pada pelatihan kewirausahaan bagi mahasiswa dan mahasiswi calon wisudawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang.

 

Rikardus minta para calon wisudawan perguruan tinggi untuk tidak memfokuskan diri menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Karena masih banyak lapangan kerja lain yang dapat dilakukan.

 

“Ini bukan zamannya lagi untuk setelah lulus dengan menggantungkan harapan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), namun dituntut calon wisudawan yang penuh kreatif dan inovatif dalam menghadapi era digital. Perkembangan arus informasi dan komunikasi yang demikian pesat ini, para wisudawan juga wajib memiliki kemampuan menggunakan teknologi,” terang motivator UKM ini di Aula lantai 4 St. Paulus Kampus Unwira Penfui, Kamis (2/1) pagi.

 

Ia mengatakan, Communication, collaboration, creativity, critical thinking termasuk dalam keterampilan lunak (soft skills) selain ketrampilan hard skill yang penting bagi kesuksesan wisudawan, didalam kehidupan keseharian nantinya.

 

Oleh karena, lanjutnya hal utama yang perlu ada dalam diri anda adalah “Aku Bisa Apa”.

 

Setelah menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi ada tiga hal yang akan menjadi pilihan wisudawan yakni apakah seumur hidup menjadi karyawan, dan menjadi wirausahawan serta menjadi karyawan sambil berusaha.

 

“Jika ingin berwirausaha maka tentunya yang paling utama diri anda adalah jangan pernah ada rasa takut dalam mengambil sebuah resiko, karena berwirausaha anda membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian dalam usaha menentukan jenis usaha, perkembangan usaha serta situasi dan kondisi yang mempengaruhinya ” kata Rikardus.

 

Ia juga menyampaikan bahwa, kegagalan pelaku usaha Pemula salah satunya adalah menata manajemen keuangan dalam hal ini laporan penjualan dan lain-lain sehingga dituntut sebuah perencanaan bisnis dan kemampuan pengelolaan keuangan secara baik dan teratur.

 

“Bukan seberapa tinggi anda jatuh, tapi seberapa tinggi pulalah anda mampu untuk melenting kembali”, dan Habiskan lah semua jatah untuk gagal di masa mudamu sehingga tidak lagi tersisa gagal di hari tuamu”, tuutupnya.

 

Lewat materi ini, ia mendapat respon positif dari para mahasiswa terutama para mahasiswa fakultas ekonomi jurusan Akuntansi Unwira.

 

Salah satu Mahasiswa Benyamin Yusuf Taek mengatakan apa yang disampaikan sangat memotivasi diri setelah wisuda dan akan kembali ke lingkungan masyarakat tentunya harus ada sesuatu lapangan usaha yang perlu diiciptakan sendiri.

 

“Melalui materi yang disampaikan Bapak Rikardus bagi kami adalah salah satu peluang kerja dalam membantu ekonomi kami kedepan dan yang terpenting adalah menekan terjadi angka pengangguran yang tinggi,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, inti dari materi yang disampaikan Rikardus adalah melakuan suatu usaha jangan pernah ada rasa takut akan kegagalan, tapi melakukan usaha harus dimulai dari peluang yang ada dengan memperhatikan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki.

 

“Karena dalam melakukan sebuah usaha keputusan yang harus diambil yakni berani mengambil resikonya.

 

Sementara itu, Tarsisius dari jurusan yang sama mengatakan materi yang disampaikan Rikardus dan beberapa narasumber lain menjadi bekal hidup, yang mana sebentar lagi akan beranjak dari bangku studi di lembaga ini dan harus berpikir untuk melakukannya dalam kehidupan di situasi saat ini.

“Apa yang disampaikan adalah bekal bagi kami, dalam menopang langkah keberlanjutan setelah wisuda nantinya,”tutupnya.

 

Selain Legislator Kota Kupang dari Fraksi Gerindra Ir. Rikardus Outniel Yunatan, MM
Narasumber lainnya dalam pelatihan kewirausahaan bagi mahasiswa dan calon wisudawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Widya Mandira Kupang yakni, Wakil Ketua Umum KADIN NTT, Rudy Rikoni, SE , dan Owner dari usaha Zhy Decoration, Susiana Natalia Felismina Dos Santos.

  • Bagikan