Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Putri Sumba Barat Juara Miss Young Indonesia 2022, Bangga, Walau Hampir Tak Bisa Mendaftar

Kontributor : EJ_Ellena Editor: Redaksi
Novita Billi sang juara Miss Young 2022 saat bersama Bunda Juliie Laiskodat Selasa (21/2).

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Lamboya, Sumba Barat, Novita Suzimri Bili boleh berbangga.
Ia menjuarai Miss Young Indonesia 2022 yang berlangsung di Bali 15 Februari 2023 lalu.

 

Namum di balik rasa bangga yang ia alami ada rasa lain yang menggelayut di lubuk hati paling dalam. Mengapa ? Karena meski ia mewakili kabupaten Sumba Barat namun pendaftaran dilakukan sendiri atas anjuran sang guru, Miss Asti.

“Saya sempat dilema uang pendaftaran Rp 3, 8 juta. Sempat menghubungi Pemkab Sumba Barat namun tidak direspon,” ujar Zimri, Selasa (21/2).

Diam-diam niat Zimri diketahui kepala sekolahnya. Ia pun dipanggil menghadap.

 

“Karena di sekolah saya sebagai Ketua Osis, saya kira Bapak kepala sekolah panggil untuk bahas soal program OSIS yang mandek. Ternyata sampai di ruangan, Bapak kepala sekolah menanyakan soal pendaftaran ajang ini. Kata kepala sekolah, uang bisa dicari, namun pengalaman tidak bisa dibeli,” kata Zimri menirukan ucapan kepala sekolah.

 

Atas dukungan kepala sekolah tersebut, Zimri mendaftar dan semakin yakin untuk terus mengikuti ajang Miss Young 2022.

Setelah mendaftar, guru Zimry, Miss Asti menghubungi Bunda Julie Laiskodat untuk meminta dukungan juga.

 

“Puji Tuhan, Bunda Julie mau membantu, dan Pemerintah Provinsi melalui UPTD Taman Budaya juga mau membantu, akhirnya Zimry datang ke Kupang untuk persiapan, dan bertemu dengan mentor-mentor yang luar biasa,” ujarnya.

 

Setelah mempersiapkan diri bersama para mentor dan mengikuti lomba pada tanggal 15 Februari 2023, Zimri keluar sebagai juara Miss Young 2022.

 

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, terutama kepada orang tua saya. Kepala Sekolah saya. Teman-teman, Bunda Julie Laiskodat. Pemprov NTT, khususnya Dinas P dan K, para mentor. Yayasan Putra Pariwisata, serta semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu”, ucap dia.

 

Kadis P dan K NTT, Linus Lusi mengatakan, prestasi yang Zimri Bili raih tidak dimiliki oleh semua siswa.

 

“Prestasi ini tidak dimiliki oleh seluruh siswa, dan prosesnya tidak semudah membalikan telapak tangan. Jadi butuh proses yang panjang,” ujar Linus Lusi.

 

Menurut Linus, peran media sangat besar dalam mendesain seseorang untuk mencapai sebuah puncak karier yang tertinggi.

 

“Hasil ini tidak mengabaikan peran semua pihak dalam mendukung selama proses berlangsung. Baik itu orangtuanya, maupun pembimbingnya sebelum berangkat ke Bali. Melalui publikasi yang baik tentunya anak-anak kita bisa dikenal oleh publik,” ucapnya.

 

Linus juga mengatakan bahwa kegiatan berjalan dengan baik berkat dukungan Bunda Julie Laiskodat dan Dekranasda NTT.

 

Linus menambahkan, saat ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT telah melakukan kerja sama dengan negara India.

 

“Negara India merupakan salah satu negara yang terkenal dengan seninya, baik itu seni musik, tari, dan lain sebagainya bisa mengakomodir bakat Zimri ini,” jelas Linus Lusi.

 

“Atas dukungan orang tuanya, pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT akan mengirim yang bersangkutan. Kita akan kirim yang bersangkutan ke India – Bombay karena di sana terkenal dengan dunia musik, baik itu perfilman dan lain sebagainya,” pungkas Linus.

  • Bagikan