Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Kapolri Ikut Langsung, Proses Evakuasi Korban Dalam Helikopter di Bukit Tamiai

Kontributor : Ss_D_tribratanewskupang.com Editor: Redaksi

JAMBI, FLOBAMORA-SPOT.COM- Ingin memastikan anak buahnya aman, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tidak hanya mendengar dari laporan tim di lapangan. Kapolri turun langsung mengikuti proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono beserta rombongan dalam helikopter yang mendarat darurat akibat kondisi tak bersahabat di Bukit Tamiai, Kerinci.

 

Sigit mengapresiasi dan terima kasih kepada tim gabungan yang telah mengerahkan seluruh kemampuannya untuk melakukan evakuasi para korban.

 

Dalam ketrangan kepada Media di Posko Merangin, Jambi, Selasa, (21/2/2023) Sigit menyampaikan terima kasih atas kerja sama seluruh tim Penyelamat.

 

Menurut dia, selama kurang lebih tiga hari baik tim yang tergabung dalam tim SAR darat maupun tim SAR udara telah bekerja maximal.

 

Menurut dia, ada banyak pihak yang terlibat dalam proses evakuasi itu setidaknya terdapat 949 personel gabungan. Ada,TNI, Polri, Basarnas, BPBD, BMKG, PMI, Petugas Taman Nasional Kerinci Seblat, tim paramedis, dan masyarakat adat Tamiai.

 

Ia sadar, proses evakuasi itu tidak gampang karena harus berhadapan dengan cuaca tak bersahabat dan lokasi terjal.

 

Namun kata dia, berkat kerja sama dan kemampuan seluruh yang tergabung, pada hari kedua penyelamatan, kelompok darat maupun udara, telah berhasil mencapai lokasi korban dan langsung memberikan pertolongan pertama.

 

Menurut Sigit, bantuan pertama yang diberikan yakni makanan, obat-obatan dan juga mendirikan tenda atau bivak. Sehingga bisa dilakukan tindakan pertama untuk membantu korban.

 

Sigit mengatakan, pada proses evakuasi hari kedua tim gabungan telah berhasil menyelamatkan seluruh penumpang dari helikopter naas itu.

 

Menurut Sigit, dia sempat bertemu dengan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono yang sudah dievakuasi. Kondisinya dalam keadaan sadar dan stabil. Total 8 orang yang alami pendaratan darurat kemarin, hari ini semua bisa dievakuasi.

 

Sigit menegaskan, dengan adanya sinergitas dan soliditas antara personel TNI, Polri, instansi terkait dan masyarakat setempat, membuat proses evakuasi tersebut berjalan sangat maksimal.

 

Sigit berdoa, semua korban bisa kembali pulih setelah mendapatkan perawatan intensif dari tim dokter. Setelah operasi penyelamatan ini, pihak keluarga maupun kolega dapat merasa lebih tenang.

 

Dia minta doanya bahwa setelah ini seluruh korban bisa kembali pulih dan sehat, keluarga senang.

  • Bagikan