Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Petugas Kebersihan DLHK, Ikut Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Kontributor : RD_Sintus Editor: Redaksi
Para Petugas Kebersihan sedang antri untuk pemeriksaan Kesehatan Kamis (19/1/23).

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Bicara soal kebersihan tidak terlepas dari peran petugas kebersihan. Namun, peran dari Petugas kebersihan ini memiliki risiko dalam bekerja. Apa lagi yang bertugas sebagai awak Pengangkut sampah secara otomatis bersentuhan langsung dengan sampah saat bekerja. Resiko yang selalu dihadapi adalah masalah kesehatan Petugas kebersihan. Hal ini membutuhkan perhatian khusus dan upaya pencegahan intensif.

 

Berlatar belakang hal ini, secara spontanitas pihak Kecamatan Kelapa Lima membangun kolaborasi bersama Puskesmas setempat melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi puluhan Petugas kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Kupang. Pemeriksaan kesehatan bagi para petugas kebersihan berlangsung di pelataran Kantor Camat Kelapa Lima Kamis (19/1/2023).

 

“Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis bagi awak kebersihan ini bukan semata karena mencari perhatian atau sensasi. Ini merupakan kegiatan spontanitas karena rasa kepedulian terhadap mereka. Selain masalah kebersihan lingkungan masalah kesehatan bagi Petugas kebersihan juga perlu mendapat perhatian,” kata Camat Kelapa Lima, I Wayan Astawa, saat dikonfirmasi Jumat (20/1/2023).

 

Dia menjelaskan, kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan bagi para Petugas kebersihan, karena mereka secara langsung bersentuhan dengan sampah yang otomatis sangat berdampak bagi kesehatan mereka.

 

“Memamg ada beberapa hal-hal penting yang perlu mendapat perhatian bagi para Petugas kebersihan yakni salah satu hal yang penting diperhatikan adalah penggunaan alat perlindungan diri, (APD) untuk mencegah masalah kesehatan dan keselamatan kerja. Namun, tentunya di satu sisi hal penting tersebut bisa saja belum seutuhnya ditunjang atau sudah ditunjang tetapi ada yang tidak menggunakan akibat rasa tidak nyaman bagi mereka atau hal lain yang dirasakan oleh mereka dalam menggunakanya,” jelas mantan Lurah Fatubesi tersebut.

 

Para petugas kebersihan harus terus beraktifitas, dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman. Mereka yang bekerja sebagai petugas kebersihan ini, tetap bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing, sehingga masalah kesehatan fisik para Petugas kebersihan terutama bagi mereka yang berada di jalan sebagai pengangkut sampah perlu mendapat perhatian.

 

“Kegiatan ini mendapat respon postif dari para Petugas kebersihan. Mereka minta agar kegiatan seperti dapat dilakukan secara berkelanjutan. Sehingga kami berencana melakukan pertiga bulan sekali. Akan tetapi semua nanti dilihat dari keinginan mereka mungkin bisa dilakukan per dua bulan sekali,” pungkasnya

  • Bagikan