Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Ketua Komite SDN Fatubena Kolhua Keluhkan Minimnya Fasilitas Sekolah

Kontributor : GOE Editor: Redaksi
Ketua Komite SDN Fatubena Kolhua Kecamatan Maulafa Marten Bois saat memberikan ketrangan kepada Media Jumat (9/12).

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Ketua Komite SDN Fatubena Kolhua Marthen Bois mengeluhkan, minimnya fasilitas sekolah di sekolah itu. Fasilitas dinajsud yakni ketiadaan ruang perpustakaan, ruang guru dan juga ruang kepala sekolah, padahal Sekolah Nefri yang terletak di ujung wilayah Kolhua itu telah berdiri sejak 2011 silam.

 

“Sampai sekarang belum ada Perpustakaan, belum ada ruang guru juga ruang kepala sekolah, tidak ada”, keluh Bois, di sekolah itu Jumat, (09/12)

 

Untuk mengatasi hal itu, tambah Ketua Komite, terpaksa ada satu ruang kelas digunakan untuk ruang guru, ruang kepala sekolah dan ruang perpustakaan.

 

Lebih lanjut Bois menguraikan sejarah awal berdirinya SDN Fatubena karena jarak ke pusat Kelurahan Kolhua yang cukup jauh menyulitkan warga untuk sekolahkan anak-anak.

 

“Ini sekolah sudah cukup lama pak, sudah sejak 2011. Aawal berdiri 2009 waktu itu anak-anak masih menggunakan gedung Gereja Fatubena. Guru-guru yang mengajar saat itu dari SDN Bello yakni ibu Rosmin Pello, Stef Mite dan guru-guru yang lain dari Bello,” urainya.

Kepala SDN Fatubena Yohanes Zakarias saat memberikan ketrangan kepada Media Jumat (9/12).

Hal yang sama juga dibenarkan Kepala SDN Fatubena Yohanes Zakarias.

Menurutnya, bukan saja sarana dan prasarana yang kurang tetapi juga kurangnya tenaga pendidik.

 

Zakarias mengatakan, saat ini hanya ada empat orang guru PNS dibantu lima orang tenaga honor Komite.

 

“Bukan saja Sarana prasarana. Tetapi kami juga idealnya kurang tiga orang guru PNS karena yang ada hanya empat orang PNS dibantu lima tenaga honor komite,” tambah Zakarias.

 

Ia berharap, ke depan bisa ada perhatian dari Pemerintah Kota Kupang untuk persoalan yang ada mengingat jumlah siswa di SDN Fatubena sudah mencapai 68 orang siswa.

 

Banyak yang tak mengetahui keberadaan salah satu Sekolah Dasar Negeri milik Pemerintah Kota Kupang di perkampungan Fatubena Kelurahan Kolhua Kecamatan Maulafa Kota Kupang itu. Ini terjadi karena lokasi ini jauh, bahkan berada di tengah-tengah wilayah Kecamatan Taebenu dan Kecamatan Nekamese Kabupaten Kupang. Itu sebabnya untuk datang ke wilayah itu mesti melintasi wilayah Kabupaten Kupang.

 

Fatubena merupakan RT 31 Kelurahan Kolhua yang memiliki 32 Kepala Keluarga.

  • Bagikan