Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Siallagan: “SUN, Sejalan Dengan Inisiatif Pemerintah, Turunkan Stunting”

Kontributor : Merc_ Editor: Redaksi

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Dalam rangka percepatan pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Kupang, pemerintah kabupaten Kupang menggelar acara pertemuan orientasi pembentukan dan peningkatan kapasitas gerakan Scaling Up Nutrion (SUN). Kegiatan dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan, Pandapotan Siallagan.
Staf Ahli didampingi Wakil Direktur Nutrion International, Rozy Afrial Jafar dan Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan manusia pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kab.Kupang, Theresia Ili.

 

Acara ini diinisiasi oleh Nutrion International dan Save The Children melalui program Better Investment For Stunting Alleviation (BISA), dalam membantu Pemerintah Kabupaten Kupang untuk pencapaian tujuan strategis penurunan prevalensi stunting.

 

Pandapotan Siallagan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Nutrion International dan Save The Children yang telah melaksanakan kegiatan ini.

 

“Gerakan Scaling Up Nutrion (SUN) sejalan dengan inisiatif percepatan pencegahan dan penurunan stunting yang dilakukan oleh Pemerintah yaitu gerakan nasional percepatan perbaikan gizi yang ditetapkan melalui Perpres No.42/2013.Gernas-PPG yang berfokus pada koordinasi upaya pemerintah untuk mencegah dan mengurangi stunting dalam 1000 hari pertama kehidupan”, ujarnya.

 

Ia menambahkan, sesuai target RPJMD Kabupaten Kupang hingga tahun 2024 diharapkan turun pada angka 9,3 persen.

 

“untuk mencapai target tersebut, kita semua dituntut untuk bekerja secara optimal. Seluruh stakeholder yang terlibat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dunia akademik, organisasi profesi, Lembaga mitra dan unsur-unsur terkait lainnya untuk menyatukan pemahaman tentang pentingnya pemenuhan gizi bagi anak, terutama pada 1000 hari pertama kehidupan. Serta bersama-sama dalam tugas dan fungsinya mengambil peran dalam upaya percepatan penurunan dan pencegahan stunting di Kabupaten Kupang,” harapnya.

 

Sementara Wakil Direktur Nutrion International, Rozy Afrial Jafar menerangkan, Nutrion International adalah Lembaga yang bersifat non profit atau tidak mengutamakan keuntungan. Lembaga ini berbasis di Negara Kanada yang bergerak membantu negara-negara berkembang mengatasi permasalahan malnutrisi atau kekurangan gizi.

 

Dia menambahkan, program Better Investment For Stunting Alleviation, yang artinya investasi yang lebih baik untuk penurunan stunting adalah program yang sejalan dengan program pemerintah, dalam peningkatan kapasitas gerakan Scaling Up Nutrion (Gerakan SUN) bantu permasalahan-permasalahan stunting.

 

“jadi program kami ini tujuannya perkuat program yang dijalankan pemerintah dalam upaya percepatan pencegahan dan penurunan stunting, upaya terpadu untuk mengatasi semua bentuk malnutrisi dengan melibatkan multisektor yaitu pemerintah, organisasi masyarakat, dunia usaha, mitra pembangunan dan akademisi,” pungkasnya.

 

Kegiatan ini dihadiri Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kupang, Tokoh agama, Tokoh Masyarakat, Akademisi, LSM/NGO di Kupang serta undangan lainnya.

  • Bagikan