Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Tinjau Lahan Tambak Garam Nunkurus, Menteri Kelautan dan Perikanan Inginkan Ini !!

Kontributor : BAP_Ellena Editor: Redaksi
Mentri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono dan rombongan bersama Gubernur NTT Viktor Laiskodat saat berada di lahan tambak garam Nunkurus Kabupaten Kupang Kamis (17/11/22).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono melakukan kunjungan ke Provinsi NTT untuk meninjau lahan tambak garam di Nunkurus Kabupaten Kupang Kamis (17/11/2022). Dalam kunjungan tersebut Menteri Trenggono didampingi Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat.

 

Pinjauan ke Lahan Tambak Garam Nunkurus tersebut juga dirangkai dengan kegiatan Pertemuan Menteri bersama Gubernur dengan masyarakat Desa Oeteta terkait Usaha Pengembangan Pergaraman. Luas total lahan garam yang ditinjau tersebut 1.900 Ha dan dapat menghasilkan panen garam sebanyak 300.000 ton.

 

“Kita ke sini untuk menindaklanjuti amanat Kemandirian Pergaraman Nasional, karena saat ini kita masih impor. Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkoordinasi dengan Gubernur NTT, lahannya akan terus kita bangun, dan harapan saya akhir tahun 2023 NTT sudah memiliki kemampuan untuk berkontribusi besar terkait kebutuhan secara nasional,” ucap Menteri Trenggono.

 

Dia menjelaskan, tambak garam yang ada dioperasikan dengan metode geomembrane dan tradisional. Untuk itu, Menteri Trenggono mendorong masyarakat untuk memproduksi garam dengan model yang lebih maju agar produktivitas garam NTT dapat maksimal.

 

Menteri Trenggono mengatakan, KKP akan mendukung permodalan bagi Petambak garam NTT melalui Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (BLU LPMUKP).

 

“KKP memiliki berbagai instrumen salah satunya adalah BLU (LPMUKP) dimana kita bisa memberikan pinjaman modal sepanjang masyarakat yang bekerja dan mengerjakan (tambak garam) adalah penduduk asli sini, jangan dari luar ya. Ini akan kita diskusikan dengan Pak Gubernur mekanisme terbaiknya seperti apa. Saya harap bukan hanya produksi, namun sampai pada end product bisa dilakukan di NTT,” tambah Menteri Trenggono saat berdialog bersama petambak garam setempat.

 

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan garam yang dihasilkan di Lahan Tambak Nunkurus memiliki kadar NaCl mencapai 95%. “Kualitas NaCl garam di sini mencapai 95%. Tentunya produksi garam ini memiliki kualitas tinggi sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia,” ungkapnya.

 

“Kita libatkan juga masyarakat. Kita siapkan UMKM untuk menjadikannya menjadi garam konsumsi. Jadi kita juga Kolaborasi Pengusaha, Masyarakat dan Pemerintah. Libatkan masyarakat dengan UMKM industri garam untuk dijual. Ini untuk menekan impor garam karena kita sudah punya garam kita sendiri,” ucap Gubernur.

 

Untuk diketahui, Presiden RI Joko Widodo menandatangani Perpres Nomor 126 Tahun 2022 tentang Percepatan Pembangunan Pergaraman Nasional. Perpres ini mengatur mengenai upaya percepatan pembangunan pergaraman nasional yang dilaksanakan pada SEGAR. SEGAR atau Sentra Ekonomi Garam Rakyat adalah kawasan usaha pergaraman yang dilakukan secara terintegrasi.

 

Kebijakan ini mengamanatkan pemerintah pusat dan daerah melakukan percepatan pembangunan sentra garam untuk memenuhi kebutuhan garam nasional, meliputi garam konsumsi dan garam kebutuhan industri.

  • Bagikan