Wagub NTT Motivasi Siswa SMAN 3 Amarasi Timur

  • Bagikan

Kamis, 13 September 2018
Laporan: yasintus fahik

Kupang, flobamora-spot.com – Hari kedua berkantor, tepatnya Kamis (13/9), Wakil Gubernur NTT, Drs. Josef Nae Soi, MM mengunjungi SMAN 3 desa Enoraen kecamatan Amarasi Timur, Kabupaten Kupang.
Untuk diketahui, pada Minggu (9/9), sekitar pukul 16.00 wita, ruangan kelas sekolah tersebut yang terbuat dari alang-alang roboh, diterpa angin puting beliung. Akibatnya, siswa/i melakukan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di bawah pohon.
Pada kesempatan itu Wagub memotivasi para siswa agar tidak berputus asa. Walaupun sekolah roboh, semangat tidak boleh roboh. Dalam keadaan terbatas, kreativitas para siswa tidak boleh kendur.

“Bapa pendidikan dunia yakni Aristoteles mengajar muridnya di bawah pohon. Sekolah yang didirikannya adalah Academico. Murid-muridnya seperti Plato begitu tersohor dan berpengaruh besar bagi perkembangan pemikiran dewasa ini. Sekali lagi jangan berkecil hati dengan kondisi ini. Tetap semangat belajar, ” jelas Nae Soi.
Ia menambaahkan, dunia pendidikan adalah bagian tak terpisahkan dari hidupnya.

“Saya adalah seorang guru. Saya baru 46 tahun jadi guru di universitas. Saya sangat mencintai sekolah dan pendidikan. Karenanya, setelah baca berita tentang sekolah ini tadi pagi, saya langsung ajak ibu Kadis (Kepala Dinas Pendidikan NTT,red) untuk lihat kondisinya, ” ungkap Josef Nae Soi pada kesempatan tersebut.

Wagub juga mengapresiasi para guru yang setia mengajar para murid walapun dalam kondisi sangat terbatas.

“Para guru, jasamu sangat luar biasa. Jasamu tak terkira. Jasamu dalam mengantarkan generasi muda di sini pasti akan mendapatkan pahala dari Tuhan, “kata Josef Nae Soi.

Pada kesempatan tersebut Josef Nae Soi menyerahkan bantuan pribadi sebesar Rp. 10 juta rupiah untuk membangun gedung sederhana dan sementara. Dia berharap, gedung kelas sementara itu dapat segera dibangun sehingga para siswa tidak lagi belajar di bawah pohon.

“Bantuan ini mungkin tidak seberapa tapi mudah-mudahan membantu untuk pembangunan gedung sementara. Bantuan ini semata karena saya adalah seorang guru serta cinta akan sekolah dan pendidikan. Untuk gedung permanennya, menjadi tugas dan perhatian dari Ibu Kadis Pendidikan NTT, “jelas Josef Nae Soi.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 3 Amarasi Timur, Dina A. Sakbana, S. Sos., mengungkapkan sekolah tersebut didirikan pada Tahun 2012. Kondisi bangunannya sejak pertama berdiri sangat sederhana,terbuat dari alang-alang dengan dinding bebak. Hanya punya satu gedung permanen untuk ruanga kantor, hasil sumbangan dari Kementerian Pendidikan pada tahun 2015.

“Pada hari minggu lalu (9/9), empat ruangan kelas roboh rata tanah diterpa angin puting beliung pada pukul 16.00 sore. Syukurlah kejadian ini terjadi pada hari libur sehingga tidak ada korban jiwa.Selama beberapa hari ini proses KBM berjalan seperti biasa walau di bawah pohon. Kami juga tetap menjalankan kewajiban upacara bendera setiap pagi, ” jelas Dina.

Dina juga menjelaskan keadaan siswa dan guru yang mengajar di sekolah tersebut. Ada 78 siswa/i yang sedang menempuh pendidikan. Mereka diasuh oleh 11 orang guru, dengan perincian tiga guru PNS dan 8 guru honorer.
“Kami sudah sepakat dengan Kepala Desa, warga,komite serta orang tua murid untuk membangun kembali gedung kelas sederhana secara gotong royong selama satu minggu ke depan. Terima kasih kepada Bapak Wagub yang telah membantu kami untuk pembangunan gedung darurat ini, “kata Dina Sakbana.

Camat Amarasi Timur, Yakob Banesi yang hadir pada kesempatan tersebut, menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas kepedulian dari Wagub dan Pemerintah Provinsi NTT atas musibah yang terjadi pada SMAN 3 Amarasi Timur.
“Terima kasih atas kunjungan perdananya Bapak Josef Nae Soi. Mungkin kalau tidak ada bencana ini, kita tidak dapat bertemu di sini, ” ungkap Yakob Banesi.

Tampak hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan NTT, Kadis Sosial NTT, Kadis Ketahanan Pangan NTT, Kepala Desa Enoraen, perangkat desa, masyarakat dan insan pers.

Prioritas sekolah dengan sarana terbatas

Pada kesempatan tersebut, Wagub Nae Soi juga menjelaskan, sekolah-sekolah dengan kondisi sarana dan prasarana terbatas menjadi salah satu perhatian dirinya bersama Gubernur Viktor Laiskodat.
“Saya sudah minta kepada Kadis Pendidikan untuk mendata SMA/SMK serta SLB yang kondisinya sangat memprihatinkan. Dengan dana APBD yang terbatas, kita akan prioritaskan sekolah-sekolah tersebut. Kami juga akan berupaya keras untuk mendapatkan bantuan lebih banyak dari pemerintah pusat di bidang pendidikan, ” kata Josef Nae Soi.

Menanggapi hal ini, Kadis Pendidikan NTT, Johanna Lisapaly berjanji akan mendata keadaan sarana dan prasarana sekolah yang jadi kewenangan pemerintah provinsi. “Kita tentu optimis dengan komitmen kuat dari Gubernur dan Wakil Gubernur baru, kita akan mendapatkan bantuan pusat yang lebih banyak untuk memperbaiki sarana dan prasana sekolah-sekolah di NTT, ” kata Johana.

  • Bagikan