Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Serahkan Bantuan Female Kits, Ini Awasan Wakil Bupati Kupang Kepada WUS

Kontributor : NH Editor: sintus
Wabup Kupang Jerry Manafe saat menyerahkan paket Female Kits kepada Wanita Usia Subur di Puskesmas Naibonat Senin (19/9/22).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COOM – Wakil Bupati KUpang Jerry Manafe menyerahkan bantuan Female Kits kepada para Wanita usia Subur di wilayah Puskesmas Naibonat.  Kegiatan ini berlangsung di halaman Puskesmas  Naibonat Senin, (19/9/ 2022).

Wakil Bupati Jerry Manafe dalam sambutannya meminta dukungan para wanita usia subur / ibu-ibu agar membantu percepatan penurunan stunting demi mendukung program pemerintah. Tidak hanya itu, dirinya mengucapkan terimakasih kepada Kapus Naibonat yang telah memfasilitasi kegiatan hari ini, khususnya bagi Wanita Usia Subur di Kelurahan Naibonat dan Desa sekitar.

 

“Ini merupakan kegiatan yang cukup baik”, ucap dia.

 

Dirinya memberikan apresiasi kepada ibu-ibu yang sudah vaksin ketiga, dan semua patut bersyukur karena dibawah kepemimpinan Bapak Presiden Jokowi vaksin bagi masyarakat disediakan secara gratis.

Manafe juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Ibu Thilda Christine dari Yayasan Kerti Praja dan Elfrid Saneh dari CIS Timor yang telah menyalurkan bantuan ini yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat khususnya ibu-ibu di Kecamatan Kupang Timur.

 

Thilda Christine dari Yayasan Kerti Praja melaporkan, Program Manager Poroyek Humanitarian Yayasan Kerti Praja (YKP)  Dinar SM Lubis PhD, YKP merupakan sebuah lembaga yang bergerak pada isu kesehatan reproduksi dan kebencananaan yang berbasis di Bali.

 

Thilda menambahkan, sejak tahun 2019, YKP menjadi salah satu mitra Pelaksana kerjasama UNFPA (United Nations Population Fund) dan Pemerintah Indonesia pada bidang kesehatan reproduksi, kesehatan remaja dan perlindungan perempuan dari kekerasan khususnya pada saat bencana.

 

“Kerjasama ini berada dibawah koordinasi Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Female Kits ini akan didistribusikan pada 100 wanita usia subur di Kelurahan Naibonat, Desa Manusak, Desa Pukdale, Desa Nunkurus dan Desa Oelatimo Kabupaten Kupang yang merupakan wilayah kerja dari Puskesmas Naibonat.

 

Selain itu juga ada 200 paket yang sama sudah terbagi di desa Motaulun kabupaten Malaka pada Jumat 16 September 2022. “Desa ini juga merupakan desa rawan bencana banjir”, ujarnya.

 

Dia menyatakan, adapun beberapa barang yang ada pada isian female kits disesuaikan dengan kategori Penerima manfaat yaitu berupa: hygiene kits dan nutrisi kits.  Dalam pendistribusian female kits ini YKP berkoordinasi dengan CIS Timor selaku LSM yang terus bersama masyarakat di kabupaten  kupang dan selain berdomisili di Provinsi NTT juga sangat konsen dengan issue kebencanaan dan pemberdayaan.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Female Kits  oleh  Wabup Kupang kepada 100 orang dari wilayah Puskesmas Naibonat yang diwakili oleh 10 orang Penerima.

Kegiatan ditutup dengan penyuluhan tentang kekerasan perempuan dan anak dalam rumah tangga oleh Perwakilan Yayasan Kerti Praja Ibu Thilda Christine dan penyerahan Female Kits kepada 90 orang Penerima lainnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Kapus Naibonat Lourensius Dullo, CIS Timor Elfrid Saneh, dan perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang.

  • Bagikan