Gotong-Royong, Mampu Membawa Indonesia Bangkit Lebih Cepat

Reporter: TimEditor: Sintus
  • Bagikan
Anggota Paskibraka sedang menggerak bendera menuju puncak pada HUT RI ke-77 Rabu (17/8/22).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – “Indonesia adalah bangsa yang besar, bangsa yang kuat, bangsa yang tangguh, bangsa yang bisa bertahan. Indonesia mampu melewatinya meskipun didera berbagai krisis. Indonesia bisa bertahan dan mampu melewatinya hingga kini karna Indonesia memiliki semangat gotong royong dan ideologi pancasila yang telah tumbuh dalam setiap pribadi anak bangsa. Semua komponen bangsa termasuk kita di kabupaten kupang harus bergerak, ciptakan momentum kebangkitan melalui suatu optimisme yang tinggi menuju kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan seluruh rakyat kabupaten kupang khususnya dan seluruh rakyat Indonesia pada umumnya”.

 

Demikian disampaikan Bupati Kupang Korinus Masneno dalam amanatnya pada upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77, Rabu (17/8/22).

 

Ia menandaskan, thema HUT RI ke-77, sangat emotivasi seluruh rakyat Indonesia termasuk rakyat kabupaten Kupang.

 

Adapun tema HUT kemerdekaan tahun 2022 yaitu “Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat”.

 

“Thema ini ditetapkan sebagai motivasi bagi seluruh anak bangsa, termasuk bagi kita di kabupaten kupang. Kita tidak perlu berlama-lama untuk pulih. Kita juga tidak butuh kesempatan terlalu banyak untuk bangkit. Ada hari esok yang penuh harapan sedang menanti kita semua. Terus motivasi diri untuk lebih baik dari hari kemarin. Mari kita isi hari esok dengan semangat yang berkobar dan dengan antusiasme. Apapun kapasitas kita, apapun kompetensi kita semua harus satu dalam tekad untuk maju, mandiri dan sejahtera”, ajaknya.

 

Ia minta seluruh komponen di kabupaten Kupang untuk secara bersama, memantapkan gerak pembangunan sumber daya manusia dan penguatan ekonomi kerakyatan. “Secara bersama juga kita pastikan bahwa upaya penguatan pranata sosial budaya, pembangunan infrastruktur serta pemantapan reformasi birokrasi akan menjadi dasar bagi semua untuk segera pulih dan bangkit”, ucap dia.

 

Masneno menegaskan, saat ini kerja cepat dan kerja cerdas sangat dibutuhkan untuk mengubah seluruh pontensi pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan wisata menjadi sebuah hasil yang maksimal.

 

“Semua potensi yang ada harus diolah dan dikerjakan untuk kesejahteraan masyarakat, pemerintah akan memfasilitasinya baik secara teknis maupun nonteknis. Pola pendekatan kerja yang revolusioner sperti itu jika dikerjakan dengan tepat akan mampu meningkatkan produktivitas dan daya saing seluruh aspek kehidupan masyarakat kabupaten Kupang. Dengan kerja nyata dan konsep dasar yang demikian kita telah menghasilkan beberapa pencapaian positif atas beberapa indikator pembangunan daerah. Semuanya diperoleh karna adanya kontribusi pikiran dari semua komponen anak bangsa kabupaten Kupang. Bagi saya itu semua adalah Pejuang. Pejuang yang ditangannya nasib kabupaten kupang dipertaruhkan. Hanya dalam spirit dan fisiologi perjuanganlah maka cita-cita kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan bisa diwujudkan. Hanya dengan tujuan saja yang mengerti dan tahu cara-cara berjuang untuk mencapai tujuan berpemerintahan di daerah ini. Untuk itu kepada semua masyarakat kabupaten Kupang yang saya cintai hendaklah mental dan karakter seorang Pejuang selalu ada dalam hati dan tubuhmu. Hanya dengan itu kita bisa pulih lebih cepat dan melompat lebih kuat dalam keterpurukan dan cobaan permasalahan yang kita alami. Teruslah bergandengan tangan, rapatkan barisan, satukan tekad untuk menyongsong perubahan yang perlahan namun pasti menghampiri kita. Perubahan yang nyata akan terus hadir di tengah kita, hendaklah kita bersiap menghadapi perubahan”, ia memotivasi.

 

Pada akhir sambutannya ia mengutip kata-kata Proklamator, Bung Karno.

 

“Penggalan kalimat dari programator kita Ir. Soekarno : “Menaklukkan ribuan manusia mungkin tidak disebut Pemenang, tapi bisa menaklukkan diri sendiri disebut Penakhluk yang ideal”, pungkasnya.

  • Bagikan