Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Serahkan 45 Rumah, Korinus: “Ini Bukan Karena Kuat Jagonya Saya”

Kontributor : Merc_ Editor: Sintus
Bupati Kupang Korinus Masneno menyerahkan kunci rumah secara simbolis kepada Penerima bantuan rumah di Bokong, Kecmatan Taebenu kabupaten Kupang Rabu (29/6/22).

OELAMASI, FLONAMORA-SPOT.COM -Sekitar 45 warga desa Bokong patut berbangga karena hari ini menerima rumah dari Pemerintah. Bantuan diserahkan Bupati Kupang Korinus Masneno, Rabu (29/6/22).

Bupati Kupang mengakui, perumahan ini adalah perumahan yang paling rapih di wilayah Kabupaten Kupang pertama yang ia temui.

 

Syukur kepada Sang Pencipta Pemberi kehidupan patut diungkapkan, karena telah menggerakkan hati segenap pihak, sehingga rumah ini dapat dibangun dan segera dihuni oleh 45 Kepala Keluarga yang terdampak seroja di Desa Bokong Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang.

 

“Bahwa hari ini di Bokong duluan mendapatkan bantuan, itu bukan karena kuat jagonya saya, pak Robert, kuat jagonya kami kami yang ada, tapi karena Tuhan telah menggerakkan hati setiap orang mulai dari Bupati Kadis Perumahan, Mentri PUPR dan semua yang ada di sini, untuk kemudian hatinya tertuju ke Bokong ini”, ujarnya.

 

Korinus menambahkan, masih banyak korban yang belum mendapat bantuan seperti ini.

 

“Kita berdoa bersama secara bertahap ini bisa terealisasi dengan baik dan waktunya mereka yang belum kebagian akan kebagian seperti yang kita peroleh pada hari ini”, ucapnya.

Bupati mengajak korban Penerima bantuan, untuk membangun rasa memiliki, dengan cara menjaga dan merawat rumah ini dengan sebaik-baiknya.

 

“Syukuri bantuan pemerintah ini. Janganlah melihat dari sisi ukuran rumah yang disediakan, tetapi perhatikan manfaat penting yang kita peroleh dari bantuan ini”, kata dia.

Sementara mewakili keluarga Pemberi lahan, dr.Roberth Amaheka mengatakan, rumah bantuan ini adalah buah tangan Bupati Kupang yang akan jadi buah bibir.

 

“Siapapun, kapanpun kalau melewati lokasi dan melihat rumah ini, akan teringat jasa Bupati Masneno untuk masyarakat kabupaten Kupang khususnya mereka korban bencana seroja”, ucap Kadis Kesehatan Kabupaten Kupang itu.

Tokoh masyarakat Desa bokong Salmon Taemenas mengataka, ada 211 jiwa dari 45 KK yang akan menghuni lokasi ini.

“Besok semua dipastikan sudah tinggal di sini”, kata dia.

Terpisah, Kepala Seksi Pelaksanaan Wilayah I Balai Penyedia Perumahan Nusa Tenggara II Wayan Aven Mahawan Sumawa menjelaskan, bantuan hunian Tetap – Huntap Seroja di Kabupaten Kupang ada di 2 titik yakni di Desa Bokong dan Saukibe.

“Di Desa Bokong ada 45 unit kemudian di Saukibe 125 unit”, sebutnya.

Mengenai bantuan perumahan yang lain ia mengatakan di Dirjen Perumahan ada beberapa item bantuan seperti bantuan rumah khusus, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Ada bantuan PSU terkait dengan Pengembang-Pengembang.

 

“Jadi ada beberapa pengajuan terkait bantuan perumahan tapi kami masih menuggu keputusan dari pusat”, kata dia.

Pelaksana Pengawas Lapangan PT Waskita Karya Muhamad Agus Masruri menjelaskan, pihaknya sudah melakukan treament terhadap kondisi tanah yang disinyalir akan longsor ketika musim hujan tiba.

“Kemarin kita udah lakukan treatmen pak. utamanya di lereng-lereng, treatment itu semacam tiang pancang minilah hampir 100 titik, dinding penahan tanah kita kasih sulingan agar air dalam tanah bisa keluar. Kemudian ada pemberat di bawah dengan tanah urug kita campur semen. itu arahan dari beberapa ahli. kemuadian kita buat saluran sepanjang lereng”, jelasnya.

Pembangunan 45 unit rumah type 36 dan fasilitas umum seperti balai rakyat, Ruang terbuka dan tempat bermain menghabisakan 12-15 milyar rupiah lebih.

  • Bagikan