Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor, Warnai Harganas XXIX

Kontributor : NH Editor: Sintus
Sekda Kabupaten Kupang Obet Laha dan Ny.Damaris Masneno Mooy saat memantau pelayanan KB bagi Akseptor Rabu (15/6/22).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Pemerintah kabupaten Kupang melaksanakan Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 di Kecamatan Amarasi Selatan, Rabu (15/6/22).

 

Kegiatan bertema : “Ayo Cegah Stunting, Agar Keluarga Bebas Stunting”.
Memaknai tema tersebut, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar 4 program unggulan di seluruh Indonesia yakni Bapak Asuh Stunting, Sepekan Elsimil, Semarak Kampung KB dan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor. Puskesmas Sonraen Kecamatan Amarasi Selatan, menggelar salah satu kegiatan unggulan yaitu Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor. Kegiatan ini juga dilaksanakan pada seluruh fasilitas kesehatan yang terintegrasi di Kabupaten Kupang.

 

“Kegiatan ini selain bertujuan meningkatkan akses pelayanan KB yang berkualitas, bagi pasangan usia subur. Juga merupakan langkah intervensi sensitif BKKBN dalam rangka mengendalikan angka kelahiran dalam keluarga sehingga diharapkan dapat memberikan efek positif terhadap penurunan prevelensi stunting”, kata Sekda kabupaten Kupang Ir. Obet Laha saat membuka kegiatan tersebut.

 

Obet melanjutkan, Kabupaten Kupang saat ini masih diperhadapkan pada penanganan stunting terhadap 7.207 balita atau 24,1%. Ini merupakan angka yang menjadi perhatian dalam target RPJMD Kabupaten Kupang yang memproyeksikan angka prevelensi stunting pada posisi 9,3% pada akhir tahun 2024.

 

Sebagai Pemerintah, Obet berharap, kegiatan pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor ini menjadi momentum sekaligus sebagai afiliator bagi seluruh pemangku kepentingan yang ada di daerah ini. Dan kepada Provider Pelayanan KB yang bertugas diharapkan untuk memperhatikan kualitas dan protokol pelayanan kesehatan, serta pelaporan hasil pelayanan melalui media yang telah disediakan.

 

Tidak hanya itu, dirinya juga meyakinkan para Akseptor yang akan menerima pelayanan KB bahwa metode dan pelayanan kontrasepsi ini merupakan solusi jangka panjang yang telah melewati proses klinis serta analisis yang komprehensif sehingga aman terutama bagi ibu menyusui maupun pasangan usia subur yang belum terlayani selama pandemi C-19.

 

“Saya yakin, dengan kesadaran, tanggung jawab serta komitmen yang kita bangun bersama, maka cita-cita penurunan angka stunting pada angka 14% secara Nasional dan 9,3 % di Kabupaten Kupang akan mampu kita wujudkan. Selamat menyongsong Harganas ke 29 dan semoga melalui kegiatan ini kita dapat menghadirkan penduduk yang seimbang dan berkualitas demi mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera”, tutup Obet Laha.

 

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kupang Ny. Damaris Masneno – Mooy menyampaikan apresiasi bagi desa Sonraen yang sudah berhasil menekan angka kelahiran dengan menjadi desa contoh dalam menerapkan program KB.

 

Dia berharap, kiranya masalah stunting juga harus menjadi perhatian lebih sehingga kedepannya Amarasi Selatan khususnya di desa Sonraen tidak ada lagi masalah stunting.

 

“Kehadiran kita disini untuk melaksanakan kegiatan guna mengingatkan kita memakai KB dan bagi pasangan usia subur untuk memeriksa kehamilan di Puskesmas terdekat sehingga anak- anak yang akan kita lahirkan tidak mengalami stunting melainkan menjadi generasi penerus yang sehat dan cerdas”, ujarnya.

 

Turut mendampingi, Kepala BP2KBP3A Kabupaten Kupang Yesai Lanus, Kapus Sonraen beserta para kader. Camat Amarasi Selatan Tonci Teuf, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, para Provied dan Akseptor KB.

  • Bagikan