Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Dinkes Kabupaten Kupang, Gelar Peringatan Hari lansia Nasional

Kontributor : Merc_ Editor: Sintus
seorang Lansia sedang menerima vaksin dari Vaksinator Kamis (2/6/22).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM –  Dalam rangka menurunkan angka covid- 19 dan peningkatan cakupan vaksinasi pada Lanjut Usia, maka Yayasan Jalin Komunikasi Indonesia (Jalin Foundation) sebagai mitra pelaksana lokal (Implementasi Agensi) dari Johns Hopkins Center For Communication (JHCCP) bekerjasama dengan Direktorat Promosi Kesehatan (Promkes) Kementerian Kesehatan dan  Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, menggelar  event community posyandu lansia dan prolanis kampanye vaksin covid 19.

 

Kabupaten Kupang menjadi salah satu kabupaten prioritas, karena itu Kamis 2 Juni 2022, bertempat di halaman Gereja Ebenhaizer Tarus, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, diselenggarakan acara Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional pada posyandu lansia kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang – NTT, Program breakthrougb action for covid 19 JHCCP dan Ditrektorat Promkes & Pemberdayaan Masyarakat.

 

Kegiatan ditandai dengan pemberian vaksin dosis pertama, kedua dan ketiga bagi Lansia.

 

“Sasaran penerima vaksin diharapkan mencapai 150 orang lansia. Dan target akhir semester pertama tahun ini, bisa mencapai 80 – 90% penerima vaksin”, ujar Kadis Kesehatan Kabupaten Kupang, dr. Roberth Amaheka.

 

Acara ini didahului dengan pemberian vaksin bagi Lansia. Mereka juga diedukasi oleh tim edukator dari Dinkes Kabupaten Kupang untuk memperoleh informasi-informasi penting terkait kesehatan dan vaksin, Sehingga para Lansia tidak ragu-ragu untuk di vaksin.

 

Kasmir Gigi (57 Tahun), asal Desa Oelnasi Kecamatan Kupang Tengah, mengatakan, kegiatan ini dapat membuka pikiran para lansia untuk lebih peduli akan pentingnya kesehatan dan pola hidup sehat. Di usia yang rentan terhadap penyakit, menurut Kasmir bisa lebih waspada terhadap makanan dan minuman yang dikonsumsi, tetap aktif bergerak, dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan terutama melakukan vaksinasi.

 

Pantauan Media, lansia sangat  antusias mengikuti vaksin yang diselenggarakan oleh Puskesmas Tarus, baik dosis pertama maupun dosis kedua dan ketiga.

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Obet Laha ketika meresmikan kegiatan tersebut mengatakan,  saat ini Pemerintah melalui BPJS Kabupaten Kupang juga mempunyai program bernama program pengelolaan penyakit kronis atau Prolanis.

 

“Program ini memfasilitasi pemeriksaan kesehatan rutin bagi para pengidap penyakit kronis. Pengobatan ini gratis dan dapat diakses oleh semua kalangan, khususnya kaum lansia”, kata Obet.

 

Menurut dia, Sesuai dengan komitmen awal, pemerintah terus memberikan pelayanan kesehatan tanpa batas dan sekat.

 

“Saya mengajak semua pihak, secara bersama mengupayakan semakin banyak lagi lansia di Kabupaten Kupang yang hidup sehat dan bugar di usianya, Serta melakukan vaksinasi lengkap, sebagai salah satu kunci hidup sehat”, imbaunya.

 

Ia mengajak seluruh stakeholder untuk menciptakan masyarakat Kabupaten Kupang yang sehat, maju, mandiri dan sejahtera.

 

Peresmian ditandai dengan pelepasan balon oleh Sekda didampingi Kapus Tarus.

  • Bagikan