Tiba di Manggarai Barat, Gubernur Langsung Panen Padi, Bersama Masyarakat

  • Bagikan
Gubernur NTT Viktor Laiskodat sedang memanen padi di areal persawahan Lembor Manggarai Barat dengan alat Panen Selasa (19/4/22).

LABUAN BAJO, FLOBAMORA-SPOT.COM – Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat melakukan penen Padi di Kelurahan Tangge, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat.

 

Setelah menempuh perjalanan jauh dari Wilayah Kabupaten Manggarai akhirnya Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) beserta rombongan tiba di Lembor Kelurahan Tangge Kabupaten Manggarai Barat pada pkl 16.00 WITA sore.

 

Gubernur VBL bersama rombongan diterima secara adat oleh Ketua Adat Gendang Malawatar dan diarak menuju tempat acara. Setelah penerimaan secara adat Gubernur VBL melakukan panen padi secara simbolis dengan mengemudi mesin pemotong padi yang sudah disediakan oleh Kelompok Tani Watu Rampang.

 

Setelah selesai melakukan panen padi secara simbolis Gub NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) melakukan dialog dengan Masyarakat yang dipandu Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi.

Salah satu tokoh masyarakat Lembor, Mikael Kaus mengajukan pertanyaan menyangkut persawahan yang tidak diairi irigasi.

 

“saya mengusulkan pada bapak Gub NTT, bahwa di Lembor ini masih kekurangan air persawahan sehingga perlu dibuatkan bendungan Wae Sele II untuk mengairi persawahan 1000 Hektar. Dan kami juga mengusulkan kiranya pak gub bisa mendatangkan mesin pengering padi untuk antisipasi panen saat musim hujan tiba”, ujar Mikael.

 

Untuk menanggapi Usulan dan pertanyaan dari masyarakat Gubernur NTT mempersilakan Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi NTT, Lecky Ftederich memberikan penjelasan.

 

“Tentu pertanyaan dari Bapak, Ibu semua menjadi bahan bagi kami untuk didiskusikan bersama, antara Dinas Pertanian Manggarai Barat dan Propinsi, karena saat ini ada pemotongan anggaran untuk pencegahan Covid-19. Mudah-mudahan tahun depan dapat realisasi,” ujar Lecky Koli.

 

Saat mendengar pertanyaan Petani sawah Lembor, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) menjawab dengan nada gembira bahwa, mesin pengering padi direalisasikan.

 

“Untuk bantuan mesin pengering padi, saya pastikan ada di Lembor”, ujarnya disambut tepuk tangan meriah masyarakat Lembor yang ada di lokasi acara.

 

Bupati Manggarai Barat yang memandu acara, menyampaikan harapan kepada Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) agar perhatian khusus dengan sawah Lembor, mulai dari saluran irigasi, obat obatan pertanian supaya hasil kerja para Petani melimpah melimpah.

 

“kami Pemerintah daerah Manggarai Barat mendorong pertanian sawah Lembor untuk terus berupaya mewujudkan hasil tani yang berlimpah. Dan tetap koordinasi dengan Pemprov NTTuntuk mendanai melalui APBD 1 dan APBD II”, katanya.

 

Turut hadir dalam kegiatan kunjungan kerja ke lokasi panen Padi Kelurahan Tangge, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, Kadis Pertanian dan Perkebunan Pemprov NTT. Kadis Perhubungan Prov NTT, Kadis KopNakertrans Prov NTT. Kadis PUPR Prov.NTT, Kaban Pendapatan dan Asset Daerah Prov.NTT, Kadis PMPTST Prov NTT. Kadis PMD Prov.NTT. Kepala Biro Hukum Setda Prov. NTT dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda provinsi NTT serta Para Staf Khusus dan Staf Ahli Gubernur NTT.

Penulis: AVEN_ELLENAEditor: Sintus
  • Bagikan