Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Salut !! Yayasan Graha Kasih Indonesia, Dipastikan Bangun RS Kanker, di Kupang Barat

Kontributor : Mercy/rilis Editor: Sintus
Sekda Kabupaten Kupang Ir. Obet Laha saat membuka Rakor rencana pembangunan RS Kanker type c di Hotel Sahid T-more Senin (4/4/22).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Yayasan Graha Kasih Indonesia (GKI) dalam waktu dekat akan membangun Rumah Sakit Khusus Kanker Type B di Desa Oematnunu, kecamatan Kupang Barat, kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Rencana tersebut diawali dengan Rapat Koordinasi antara pihak RS dengan Pemerintah Kabupaten Kupang dam Pemprov NTT.

 

Kegiatan berlangsung di Hotel Sahid T-More Kota Kupang, Senin (4/4/2022).

 

“Yayasan GKI sebagai suatu Yayasan Kemanusiaan terpanggil untuk mendukung pemerintah dengan membangun sebuah RS Khusus Kanker bertaraf International di Kabupaten Kupang. Owner yayasan ini adalah seorang yang survivor (selamat) dari ancaman penyakit kanker karena 3 orang di dalam keluarga ini semuanya telah meninggal dunia akibat kanker”.

 

Demikian disampaikan Office Manager Yayasan GKI, Maxi M.Taopan.

 

Maxi menjelaskan, Tujuan rakor ini untuk menyatukan persepsi terkait rencana pembangunan, mendapatkan masukan tentang ketentuan yang harus dipenuhi untuk mendukung terwujudnya RS tersebut, dan menyatukan rencana kerja operasional dari Pemkab Kupang dan Pemprov dari aspek peraturan.

 

Menurut dia, Pendonor RS Kanker tersebut adalah Mister N.Gray bersama unsur pendonor dari Amerika dan Canada.

 

“Dan biaya yang akan digunakan oleh Yayasan GKI untuk bangun RS ini beserta seluruh infrastrukturnya bersumber dari dana World Vision Canada Sebesar 125.000.000,-USD atau Equivalen dengan Rp.1.796.375.000.000”, jelas Maxi.

 

Sekda Kabupaten Kupang Ir. Obet Laha dalam sambutannya menyatakan menyambut baik rencana pembangunan RS Kanker Tipe B ini.

 

“Inilah komitmen kami, komitmen seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kupang yang memiliki semangat untuk berkembang secara kontinu,” kata Sekda.

 

Ia menambahkan, rakor ini sebagai langkah awal rencana pembangunan RS Kanker Tipe B di Kabupaten Kupang, lebih spesifik letaknya nanti di Kecamatan Kupang Barat. Dan menjadi pertanda adanya keseriusan dari Yayasan Graha Kasih Indonesia dan pihak pendonor untuk membangun rumah sakit. Yayasan GKI adalah Lembaga yang berkomitmen, lembaga yang mewakafkan seluruh potensinya bagi kesehatan masyarakat Indonesia. Bukan sesuatu yang mudah untuk membangun rumah sakit khusus, seperti RS kanker ini. Banyak fasilitas yang perlu disediakan sebagai penunjang pelayanan kesehatan, paling sedikit untuk pelayanan medik dan penunjang medik. Begitu juga, RS ini akan menyiapkan Dokter Spesialis Kanker dan tenaga medis lainnya yang berkompeten. Ini semua bukanlah pekerjaan mudah. Hanya lembaga berintegritas dan lembaga profesional saja yang bisa mengerjakan semuanya, “urainya.

 

Sekda Obet berpesan, sekecil apapun peran pemkab Kupang untuk kesuksesan pembangunan RS ini, akan dilakukan dengan penuh tanggungjawab.

 

“Pihak Yayasan GKI tidak bisa bekerja sendiri. Butuh keterlibatan semua stakeholder yang hadir pada rakor ini. Mari bersama satukan tekad untuk realisasikan rencana pembangunan RS Kanker Tipe B di Kabupaten Kupang. Biarlah eksistensi RS ini menjadi kebanggaan bersama masyarakat NTT”, ujarnya.

 

Atasnama Pemkab Kupang, Sekda ucapkan terima kasih kepada Direktur dan seluruh jajaran Yayasan GKI, juga kepada Mister N.Gray bersama unsur pendonor yang memilih Kabupaten Kupang sebagai lokasi pembangunan RS Kanker Tipe B.

 

“RS Kanker Swasta pertama bukan saja di NTT, tapi juga seluruh wilayah Indonesia Timur dan Indonesia Tengah, selain RS Kanker Pemerintah yang ada di Bali dan Sulawesi Selatan.

 

Turut hadir dalam acara tersebut, Direktur Yayasan GKI, Dr.Susy Maria Katipani beserta jajaran, Tim Konsultan Perencana, Tim Amdal, Kadis PUPR Kabupaten Kupang, Maclon Joni Nomseo. Kadis Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kabupaten Kupang, Paternus Vinci, Perwakilan Dinkes Kabupatwn Kupang, dr.Tjokorda. perwakilan Bagian Administrasi Pemerintahan Kabupatwn Kupang, Olasri Maboy, jajaran Pemerintah Provinsi NTT dan undangan lainnya. Acara dipandu oleh Kasubag Protokol Kabupaten Kupang, Martje Banoet.

 

Rakor ini menghadirkan narasumber yang akan menyajikan materi : kebijakan peran serta swasta dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Kupang Sekretaris Daerah Obet Laha, mewakili Bupati Kupang. Materi lainnya, Masalah penyakit kanker di provinsi NTT dan peraturan pemerintah dalam pembangunan RS Khusus Kanker di Indonesia oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Presentasi rencana pembangunan RS Kanker di Kabupaten Kupang oleh Konsultan Perencana, PT.Cakra Manggilingan Jaya.

  • Bagikan