Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Astaga !! Empat Desa di Kabupaten Kupang Terdampak Polio

Kontributor : NH/PKP Editor: Sintus
Wabup Kupang Jerry Manafe saat membuka Workshop Kesiapsiagaan Polio di ruang Rapat Wakil Bupati Selasa (29/3)

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Pemerintah Kabupaten Kupang menggelar Workshop Kesiapsiagaan Polio. Kegiatan berlangsung di ruang rapat Wakil Bupati Kupang di Oelamasi pada Selasa, (29//2022).

 

Wabup Jerry Manafe selaku Ketua PMI Kabupaten Kupang dalam sambutannya mengatakan, “polio merupakan salah satu hal yang distressing oleh LSM pusat. Pada beberapa tempat sudah mulai terjangkit polio sehingga polio menjadi salah satu kasus yang diperhatikan oleh pihak pemerintah selain stunting”.

 

“PMI pusat fokus pada 4 kecamatan dan desa yang masyarakatnya terkena polio yakni kecamatan Kupang Tengah desa Noelbaki, kecamatan Kupang Timur desa Naibonat, kecamatan Kupang Barat desa Lifuleo, kecamatan Taebenu desa Baumata. Selain merupakan penyakit menular, polio harus diantisipasi dengan pemberian vaksin. Karena gejalanya hanya akan terlihat jika sudah terkena penyakit ini meskipun belum diketahui bagaimana masuknya virus, baik itu karena persoalan sanitasi, makanan atau minuman yang tidak sehat”, ujar Jerry.

 

Tidak hanya itu, Manafe juga menjelaskan tujuan dari kegiatan ini, untuk mengantisipasi atau menghilangkan polio di kabupaten Kupang.

“Saya tidak yakin jika di desa lain di kabupaten Kupang tidak terkena virus polio, selain 4 desa yang sudah terdeteksi. Harus diperhatikan secara khusus demi menyelamatkan generasi anak bangsa”, tegasnya.

 

Jerry melanjutkan, kasus polio lebih fatal dari kasus stunting karena polio merupakan penyakit menular yang cukup membahayakan generasi muda kita.

 

Manafe berharap agar para stakeholder yang hadir saat ini harus menjadi pelopor yang membantu masyarakat. Terkhusus BPD yang memang harus membantu masyarakat dalam kasus ini.

 

“Mari bekerja sama memberantas polio bukan masalah anggaran tapi kerja sama dalam menyelesaikan tugas panggilan kita untuk melayani”, imbaunya.

 

Ketua Asosiasi Jasa Konstruksi kabupaten Kupang ini juga menekankan agar pihak desa kiranya membantu persoalan sanitasi bagi masyarakat yang terkena polio.

 

Dia menyatakan serius dalam memperhatikan 4 desa ini dengan melakukan mikro planning.

 

“Saya akan ada di 4 kantor desa yang masyarakatnya terkena polio dan saya harapkan agar semua stakeholder terkait harus hadir untuk mendampingi”, pungkasnya.

 

Turut mendampingi, perwakilan Dinas Kesehatan kabupaten Kupang dr. Kuji Riwu Kaho, Camat Taebenu Eliazer Manesi, Camat Kupang Barat Yusak Ulin, para Lurah dan Kepala desa terkait, serta para Kapus dan ketua BPD dari 4 kecamatan, Koordinator PMI kabupaten Kupang dan jajarannya.

  • Bagikan