Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Gelar Workshop dan Pelatihan Kegawatdaruratan, Ini Pesan Staf Ahli !!

Kontributor : Nicky_PKP Editor: Sintus
Staf Ahli Bupati Kupang, Pandapotan Siallagan saat membuka kegiatan Workshop dan pelatihan kegawatdaruratan bagi SDM Kesehatan Senin (14/3/22).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Pemerintah Kabupaten Kupang menggelar workshop dan Pelatihan pengenalan dini penanganan Kegawatdaruratan bagi tenaga Kesehatan di wilayah Kabupaten Kupang.
Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Bupati Kupang di Oelamasi pada hari Senin, (14/3/2022).

 

Staf Ahli Bupati Kupang Pandapotan Siallagan dalam sambutannya mengatakan, kegiatan dilakukan untuk meningkatkan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Kesehatan.

 

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Dimana, hal tersebut sejalan dengan visi misi kepemimpinan Bupati Kupang 2019-2024 yang bertujuan mewujudkan masyarakat Kabupaten Kupang maju, mandiri dan sejahtera”, kata dia.

 

Pandapotan Siallagan menjelaskan Pelayanan Gawat Darurat adalah tindakan medis yang dibutuhkan oleh korban/pasien gawat darurat dalam waktu segera untuk menyelamatkan nyawa dan pencegahan kecacatan.

 

“Angka kematian pasien baik di Puskesmas maupun Rumah Sakit (RS) merupakan salah satu indikator mutu pelayanan kesehatan yang disebabkan, karena keterlambatan dalam proses rujukan pasien ke RS dari Puskesmas maupun Fasilitas Kesehatan (faskes) lainnya serta kurangnya pengetahuan dan keterampilan tenaga kesehatan dalam pengenalan dini gawat darurat”, ursinya.

 

Siallagan juga mengatakan, masih tingginya angka kematian tersebut disebabkan bagaimana attitude pelayanan terhadap pasien serta kurangnya pengetahun dan keterampilan tenaga kesehatan dalam pengenalan dini kegawatdaruratan, yang juga menjadi tantangan. Seperti stunting yang saat ini sudah menurun dan semoga bisa terus menurun dari waktu ke waktu. Tentunya para tenaga medis menjadi garda terdepan dalam penanganan tersebut.

 

“Oleh sebab itu perlu diadakan pelatihan dan workshop pengenalan dini kegawatdaruratan di Puskesmas agar penanganan dapat dilakukan sesuai standar pelayanan yang di tetapkan serta standar akreditasi, sehingga dampak pada penurunan angka kematian serta dapat mewujudkan SDM Kabupaten Kupang yang berkualitas, berdaya saing dan bermartabat.

 

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan mendukung terlaksananya kegiatan ini serta selamat mengikuti pelatihan bagi tenaga kesehatan, fokus dan tetap menjaga prokes yang ditetapkan untuk menghindari penularan Covid-19”, ujar Pandapotan Siallagan.

 

Direktur. PT. Modern Kaya Farma (PHILIPS) Dhyki Sianto dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Pemkab Kupang dan tim Pelaksana yang sudah menyediakan tempat dan mendukung agar terlaksananya kegiatan ini.

Dhyki Sianto berharap, dengan dilakukan workshop ini, sumber daya manusia dari NTT bisa berkembang terutama dibidang Lingkungan Sehat (LS) sehingga dapat mengurangi tingkat kematian yang tinggi.

 

Perlu diketahui, kegiatan pelatihan dan workshop Pengenalan Diri Kegawatdaruratan di dukung dan dibiayai oleh PT. PHILIPS Indonesia.

 

Hadiri pula,kesempatan itu Direktur. PT. Modern Kaya Farma (PHILIPS) Dhyki Sianto, Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Kupang dr. Tjokorda I.S.F. Swastika dan para Narasumber serta 40 Tenaga Kesehatan dari Puskesmas dan RSUD Naibonat.

  • Bagikan