Wooow !! 2022, Kopdit Swasti Sari Ekspansi ke Samarinda dan Batam

  • Bagikan
GM Kopdit Swasti Sari Jon Sason Helan menyaksikan Kades Pariti (kiri) memotong pita pengresmian Kantor kas ke-78 Kopdit Swasti Sari di desa Pariti Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang Rabu (24/11/21).

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Kopdit Swasti Sari terus mengembangkan sayap ke seluruh pelosok dan Kota di Indonesia. Jika sebelumnya Kopdit ini berada hanya di NTT, Jawa, Bali dan NTB, tahun 2022 akan membuka cabang lagi di Samarinda provinsi Kalimantan Timur dan Kota Batam yang merupakan Kota terbesar di Kepualauan Riau.

GM Kopdit Swasti Sari Jon Sason Helan, via Pesan Whatsapp kepada Media ini Jumat (24/12/21) mengatakan, ekspansi ke dua Kota itu merupakan rencana Kerja (RK)dan rencana Anggaran  (RA) Tahun Buku tahun 2022.

“Ekspansi pengembangan daerah kerja  (PDK) antara lain dua kantor Cabang di Samarinda Provinsi Kalimantan Timur dan Batam Provinsi Kepulauan Riau dan menambah sepuluh kantor kas. Ini merupakan salah satu rencana Kerja kita dari 10 RK dan RA”, ucap dia.

Ia menjelaskan, dari sisi aspek kelembagaan khusus anggota tahun 2022 ditargetkan naik menjadi  199.578 atau kenaikan 41.37%. untuk hal ini Pendaftaran anggota baru dilakukan secara ONLINE

 

“ Aspek organisasi jumlah tenaga kerja atau karyawan tahun 2022 sebanyak  510 orang atau meningkat 18.60%”, kata dia.

Menurut dia, ada juga Restrukturisasi organisasi manajemen meningkat 1 kepala divisi, 2 orang manajer cabang,  kabag dan kasi masing-masing  satu orang dan mengangkat 9 orang kepala kantor kas.

“Kami juga akan menyempurnakan dan melengkapi regulasi antara lain 10 POLJAK baru, revisi 10 POLJAK,  amandemen anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART), SOP dan SOM sesuai kebutuhan,  mengantongi tujuh ijin kantor Cabang dari Kementerian Koperasi RI, delapan MoU dengan MITRA baik Pemerintah,  BUMN dan Swasta”, terang salah satu Peletak dasar Kopdit tersebut.

Demi meningkatkan pelayanan kepada tuannya (anggota) Kopdit Swasti sari dipastikan menambah satu unit mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di cabang kupang kota,  satu unit mobil pelayanan yang standard di cabang kupang kota, menambah dua unit mobil strada untuk cabang So’e TTS dan cabang Atambua  serta Malaka.

“Dan juga menambah  Mobil pelayanan kas keliling kota kupang dan sekitarnya yang STANDARD”, kata dia.

 

Rencana Kerja lainya yakni menggandeng lembaga MITRA independen untuk survey kepuasan anggota. Membangun dua KANTOR baru di cabang ADONARA dan cabang WEETABULA Sumba Barat Daya (SBD). RAT secara VIRTUAL,  pembayaran pengembalian pinjaman TEPAT WAKTU TEPAT JUMLAH (TWTJ).

Ia menyebut,  Produk simpanan tahun 2021 rata2 mencapai diatas 25 %,  dan rencana/target tahun 2022 mencapai 27,89%

Lantas bagaimana dengan Aset pak GM ? “Asset atau kekayaan tahun 2021 mencapai 18.21% dan rencana tahun 2022 meningkat menjadi  22.77% yang menjadi kebanggaan yang LUAR BIASA adalah aset mencapai triliunan rupiah tidak eda penyertaan modal pihak LUAR,  100 % milik anggota yang tidak pakai sandal,  pakai sandal jepit,  pakai sarung dan yang makan sirih pinang. Kekuatan di rumah tangga sendiri 100% mandiri.  Banyak  koperasi yang katanya asset triliunan tetapi ratusan miliar berasal dari modal pihak ke tiga seperti penyertaan modal dari LPDB dan lain-lain”, jelasnya.

Ia minta masyarakat NTT dan Indonesia tidak perlu takut bergabung ke Kopdit Swasti Sari karena Lembaga tersebut sangat aman.

“ Likuiditas di KSP KOPDIT SWASTI SARI di titik yang sangat nyaman yaitu pada posisi 19,21% dari total asset. Rencana tahun 2022 likuiditas berkisaran 12 – 15 %. Lebih fokus pada pemberian kredit kepada anggota”, ujarnya yakin.

Menurut dia, Rencana pemberian pinjaman kepada anggota tahun 2022 mencapai 800 miliar atau kenaikan 26.19 % dengan sasaran utama kredit “SEKTOR RIIL” usaha produktif anggota.

  • Bagikan