Hama Belalang Mulai Serang Jagung Petani Bello

  • Bagikan
Yusuf Tuan, Petani di Kelurahan Bello sedang memperlihatkan tanaman jagung yang diserang hama belalang Sabtu (18/12/21)

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Hama belalang mulai serang tanaman jagung warga Petani Bello, Kota Kupang Nusa Tenggara Timur.

Yusuf Tuan warga RT 7 RW 3 menyatakan mensal dengan kondisi ini karena sebagian jagungnya dimakan hama belalang.

Ditemui di Bello Yusuf mengaku jenis hama yang menyerang daun jagung miliknya berupa hama ulat dan belalang. Kondisi ini membuatnya kwatir bisa gagal panen.

“Memang belum semua hama masuk dan makan daun jagung tetapi pengalaman kami biasanya kalau sudah seperti ini pasti akan serang semua ,kalau tidak cepat untuk lakukan pencegahan”, ujarnya Sabtu (28/12/21).

Dan pencegahan yang ia lakukan yakni secara tradisional dengan merendan daun nimba dan meyiram pada daun jagung yang diserang atau dimakan hama. Ia berharap ada bantuan obat hama dari dinas Pertanian.

Sementara itu warga Petani lainnya Robi Bifel mengaku dirinya belum tau ada hama karena jagung dikebun miliknya baru ditanam dan belum tumbuh.

Mengenai obat hama ia menjelaskan,  biasanya bantuan dari pemerintah hanya pupuk  lewat  kelompok  tani. Sedangkan bibit dan obat hama beli sendiri.

Goris Takene ketua RW 03 secara terpisah mengaku sudah mendapat laporan dan sudah melihat kondisi di lapangan. “Benar ada hama yang sudah masuk dan merusak jagung Petani yakni hama daun. Sehingga saya berharap Petani bisa swadaya untuk lakukan pencegahan tidak menunggu bantuan pemerintah”, pungkasnya.

Penulis: GoeEditor: Sintus
  • Bagikan