Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Varian Omicron Masuk Indonesia,  Walikota Desak Percepatan Vaksinasi

Kontributor : PKP_ans Editor: Sintus
Walikota Kupang Dr. jefri sedang mengikuti Meeting virtual bersama Presiden terkait varian Omicron yang sudah masuk Indonesia Kamis (16/12/21)

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Tanpa menunggu waktu lama, menindaklanjuti arahan Presiden kepada para kepala daerah seluruh Indonesia terkait masuknya virus covid 19 varian omicron di wilayah Indonesia, Kamis (16/12), Walikota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH, sore itu juga  segera menggelar rapat bersama sejumlah pimpinan perangkat daerah terkait di Hotel Maya.

 

Dalam rapat tersebut Walikota menegaskan kepada semua perangkat daerah terkait, terutama Dinas Kesehatan dan puskesmas se-Kota Kupang untuk segera melakukan percepatan vaksinasi. Saat ini pencapaian vaksinasi di Kota Kupang  per 15 Desember 2021, untuk dosis pertama  mencapai 287.988 orang atau 86,32 persen dan untuk dosis kedua mencapai 215.816 orang atau 64,69 persen.

 

Pada kesempatan yang sama, Walikota juga minta agar segera dikeluarkan edaran untuk mewajibkan para pengunjung pusat perbelanjaan, bank dan kantor-kantor pelayanan publik harus sudah divaksin kedua.

“Bila perlu di setiap pintu masuk fasilitas umum tersebut disediakan scan barcode untuk aplikasi peduli lindungi. Satuan Polisi Pamong Praja diminta untuk membantu menertibkan dan memberikan pengamanan di titik-titik tersebut. Untuk warga yang menggelar pesta diimbau untuk tidak ada acara bebas”, tegasnya.

 

Ia minta, Pihak rumah sakit dan dinas kesehatan untuk memastikan ketersediaan stok obat dan fasilitas kesehatan mengantisipasi lonjakan kasus akibat masuknya varian omicron. Dinas kesehatan dan puskesmas juga diminta untuk menambah jumlah tenaga vaksinator, agar target 98 persen vaksinasi tahap pertama di akhir Desember bisa tercapai.

 

“Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga saya untuk berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan agar segera memulai vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11 tahun. Para camat diminta untuk berkoordinasi dengan pihak puskesmas di wilayah masing-masing untuk memberikan layanan vaksin bagi warga yang belum divaksin, para lansia harus diprioritaskan”, tambahnya lagi.

 

Hadir dalam rapat tersebut, Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Kupang, Kepala Dinas Kesehatan beserta jajaran, Kepala BPBD Kota Kupang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Badan Keuangan Daerah, Direktur RSUD SK Lerik Kota Kupang, Kepala Bagian Prokopim Setda Kota Kupang serta para Camat se-Kota Kupang.

 

Sebelumnya dalam arahannya yang berlangsung secara virtual, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo menyampaikan sudah ada temuan kasus covid 19 varian omicron di Indonesia. Untuk itu para kepala daerah diminta untuk memperkuat testing dan tracking, serta melakukan percepatan vaksinasi. Menurutnya ada 369 kabupaten/kota di 20 provinsi yang capaian vaksinasinya masih di bawah 70 persen. Salah satunya adalah Provinsi NTT dengan capaian vaksinasi baru 62 persen. Ditambahkannya sejak 14 Desember 2021 lalu sudah dimulai vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11 tahun di 19 provinsi di Indonesia. Presiden optimis vaksinasi bisa memproteksi warga dari covid 19. *

  • Bagikan