Data Kemiskinan, Harus Akurat

  • Bagikan
Peserta Rakor penyusunan laporan pelaksanaan penanggulangan kemiskinan di kabupatwn Kupang Kamis (16/12/21).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Pemerintah Kabupaten Kupang menggelar Rapat Koordinasi Penyusunan Laporan Pelaksanaan Penanggulangan Kemiskinan Daerah Di Kabupaten Kupang Tahun 2021.

 

Kegiatan berlangsung di ruang rapat Wakil Bupati Kupang di Oelamasi pada hari Kamis, (16/12/2021) dengan protokol kesehatan ketat.

 

Wabup Jerry menegaskan, ini merupakan rapat koordinasi terkait masalah kemiskinan.

 

Masalah kemiskinan merupakan salah satu hal yang harus memiliki data akurat agar bisa disampaikan secara akurat.

 

“Kita di sini untuk mencari substansi yang hakiki dalam permasalahan data ini. Apalagi masalah stunting saat ini diambil alih oleh D2KBP3A, Terkait masalah tentang dasar hukum dan pelaksanaannya
Target sasaran dan Penerima manfaat serta besar anggaran. PMD jangan hanya melihat laporan dan pencairan tetapi bukti laporan dari desa ada atau tidak. Buat tim internal dalam penanggulangan kemiskinan dengan dana APBN/APBD atau bantuan luar negeri agar bisa dikoreksi lagi oleh Bappeda”, ujar Manafe.

 

Wabup Jerry berharap agar revolusi 5P tidak hanya menjadi slogan bagi Pemkab Kupang, namun diharapkan semua dinas terkait bisa bekerja sama agar bisa menghasilkan data kemiskinan yang ada di kabupaten Kupang dengan melakukan rapat koordinasi dan rapat evaluasi.

 

Dia mengajak semua untuk berkolaborasi dengan baik karena Bapeda tidak bisa bekerja sendiri tanpa data dari dinas-dinas terkait.

 

Kepala BP4D Marthen Rahakbaw melaporkan, maksud dan tujuan rakoor ini adalah menyusun pelaksanaan penanggulangan kemiskinan daerah di kabupaten Kupang dengan melakukan pertemuan 3 kali dalam setahun. Regulasi ini merupakan bagian yang harus dipertanggungjawabkan karena ini merupakan amanat dari Permendagri.

 

Rahakbaw menambahkan, kegiatan digelar untuk mendapatkan data-data dan informasi yang akurat dari para OPD terkait, tentang program-program yang sudah dilaksanakan terkait dengan penanggulangan kemiskinan di daerah. Dan mempertajam substansi penyusunan laporan di kabupaten Kupang agar kedepannya jauh lebih baik.
Turut hadir, para pimpinan terkait yaitu Kadis Perikanan Jackson Baok, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Imanuel Buan, BP2KBP3A Yesay Lanus, dan para peserta rakor.

  • Bagikan