Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Wakil Bupati Kupang tegaskan Ini, Saat Pimpin Upacara Pengambilan Sumpah dan Janji PNS,

Kontributor : NH_PKP Editor: sintus
Wabup Kupang Jerry Manafe saat mengambil Sumpah dan janji ASN Kabupaten Kupang di Civic Center kantor Bupati Kupang Selasa (7/12/21)

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Pegawai Negri Sipil (PNS) harus memiliki moral yang baik, loyalitas dan disiplin dalam menjalankan tugas. Hal ini disampaikan Wabup Jerry Manafe dalam upacara pengambilan sumpah / janji Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Daerah kabupaten Kupang yang bertempat di Aula Kantor Bupati Kupang di Oelamasi Selasa (7/12/2021).

Menurut Jerry, Pengambilan Sumpah / janji  bertujuan untuk menumbuhkan kesanggupan dan komitmen dari setiap PNS untuk setia dan taat pada dasar Negara pemerintah dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Juga dimaksudkan untuk membentuk kesadaran PNS dalam melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab dan menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah serta martabat PNS.

“Saya berharap, kegiatan pengambilan sumpah dan janji PNS yang kita laksanakan bersama pada hari ini, menjadi momentum yang baik, untuk memaknai secara utuh, maksud dari setiap kalimat dalam sumpah dan janji yang telah diucapkan”, tegasnya.

Manafe menegaskan, hal ini penting untuk diketahui bahwa esensi dari sumpah janji PNS adalah bukan pada narasi yang diucapkan. Tetapi juga pada implementasi yang konkret oleh setiap insan PNS.

“Sebagai Wakil Kepala Daerah, saya sangat mengharapkan hadirnya PNS kabupaten Kupang yang berintegritas, serta memiliki profesionalisme kerja yang tinggi dengan mengabdikan diri melalui pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan yang telah direncanakan bagi kemajuan daerah ini”, kata dia.

Jerry Manafe menjelaskan, PNS kabupaten Kupang dengan berbagai latar belakang pendidikan dan kemampuan yang ada, harus mampu menunjukkan dedikasinya sebagai pelayan public. Tentu saja dengan memberi pelayanan secara maksimal terhadap kebutuhan masyarakat, baik itu barang, jasa maupun administrasi.

“Tentu kita tidak ingin citra dan martabat PNS yang diharapkan menjadi garda terdepan dalam penyelenggaraan pemerintahan, mendapat kritikan sebagai akibat dari belum optimalnya kinerja yang diberikan”, ujarnya.

Dari 39 orang PNS yang harus diambil sumpahnya, hanya dihadiri oleh 19 orang PNS saja. Oleh sebab itu,  Wabup Jerry Manafe menegaskan,  PNS harus memiliki moral yang tinggi, disiplin dengan jam kerja serta loyalitas di manapun berada.

“Karena dengan kesadaran akan sumpah dan janji PNS ini, kiranya kita dapat bergerak menuju perubahan ke arah yang lebih baik. Yakinlah bahwa dengan komitmen dan kesadaran untuk melaksanakan sumpah janji PNS yang telah diucapkan, dapat mewujudkan fungsi PNS, sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik serta perekat dan pemersatu bangsa”, pungkasnya.

  • Bagikan