Kota Kupang, Tuan Rumah Konas Forum Komunikasi Kaum Bapak ke-XV 2022  

Reporter: *PKP_ansEditor: sintus
  • Bagikan
Pengurus Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak (FK-PKB) Kota Kupang temui Walikota Senin (22/11/21).

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Walikota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM,MH mendukung penyelenggaraan Konsultasi Nasional (Konas) Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak (FK-PKB) Persatuan Gereja-Gereja Indonesia yang ke-XV, yang akan dilaksanakan di Kota Kupang, pada Oktober 2022 mendatang. Dukungan tersebut disampaikannya saat menerima audiens dari para pengurus Kaum Bapak Sinode GMIT di ruang kerjanya, Senin (22/11).

Wakil Ketua VI Kaum Bapa Sinode GMIT, Ferdi Foes dalam pertemuan tersebut menjelaskan FK-PKB merupakan forum yang menghimpun kaum bapak yang terdiri atas 106 sinode dari berbagai macam gereja denominasi di Indonesia. Dalam Konas FK-PKB Persatuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) ke XIV yang berlangsung di Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara,  yang dihadiri perwakilan dari 96 sinode belum lama ini, disepakati bahwa penyelenggaraan Konas FK PKB PGI yang ke-XV akan dilaksanakan di Kota Kupang dan akan dipadukan dengan perayaan HUT FK-PKB ke XV.

Konas yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut rencananya akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. Menurut Ferdi, Konas ke-XV nanti juga akan membahas peralihan dari Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak menjadi salah satu biro di PGI.

Sekretaris Pengurus Kaum Bapa Sinode GMIT, Haris Oematan menambahkan kunjungan mereka hari ini dalam rangka menyampaikan informasi sekaligus memohon dukungan Wali Kota atas penyelenggaran kegiatan Konas FK-PKB PGI ke-XV tahun depan. Rencananya pada bulan Januari mendatang sudah akan dibentuk panitia pelaksana kegiatan tersebut.

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore menyambut baik penyelenggaraan tersebut serta memastikan siap mendukung kebutuhan panitia. Diakuinya untuk dukungan sarana dan pra sarana Pemkot Kupang siap membantu semaksimal mungkin demi kesuksesan acara, namun untuk dukungan anggaran harus melalui persetujuan DPRD Kota Kupang yang akan dibahas dalam masa sidang mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Kupang juga minta dukungan Kaum Bapak Sinode GMIT atas program-program kerja Pemerintah Kota Kupang seperti bedah rumah, penataan kota dan gerakan kupang hijau. Menurutnya Kaum Bapak yang memiliki akses langsung ke jemaat tentunya bisa membantu Pemkot Kupang dalam memberikan informasi terkait warga yang benar-benar membutuhkan uluran tangan pemerintah, seperti program bantuan bedah rumah.

Pemerintah Kota Kupang juga telah mencanangkan gerakan kupang hijau, yang mengerahkan semua warga Kota Kupang untuk menanam pohon di lingkungannya masing-masing, minimal satu orang satu pohon. Ternyata Kaum Bapak Sinode GMIT juga memiliki program sejenis yang menyediakan sejumlah benih dan anakan untuk ditanam jemaat. Untuk itu Wali Kota mengajak Kaum Bapak Sinode GMIT untuk berkolaborasi mensukseskan program tersebut demi mewujudkan Kota Kupang yang hijau dan sehat.

Turut mendampingi Wali Kota dalam pertemuan tersebut, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Kupang, Ernest S. Ludji, S.STP, M.Si. Hadir pula segenap pengurus Kaum Bapak Sinode GMIT dari berbagai gereja GMIT di Kota Kupang.

  • Bagikan