UPT BKN Hadir di NTT

Reporter: Mercy/PKPEditor: sintus
  • Bagikan
Bupati Kupang Korinus Masneno saat menggunting pinta tanda Gedung BKN resmi digunakan Selasa (16/11/21)

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Dalam upaya memperlancar segala urusan terkait kepegawaian, BKN membangun Unit Pelayanan Teknis (UPT) di wilayah NTT tepat Kabupaten Kupang. Pemkab Kupang menyambut positif upaya ini dengan memberikan ijin Pinjam pakai tanah dan bangunan di area Civic center Oelamasi.

Ijin pinjam pakai tanah dan bangunan berlangsung selama 5 tahun, terhitung mulai tanggal 2 Nov 2020 sampai dengan 2 Nov 2025. Gedung yang dipinjam pakai yakni eks gedung kantor Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kupang yang beralamat di Jln .Frans Seda, Kota Kupang.

Sekretaris utama BKN, HJ. Imas Sukmariah, mengatakan, Kantor tersebut secara resmi beroperasi Selasa (16/11/21) sebagai kantor Unit Penyelenggara Seleksi Calon. juga Penilaian Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara Kupang.

Gedung ini merupakan UPT ke – 21 yang sudah diresmikan di seluruh Indonesia.

 

Sukmariah menjelaskan, Sebelumnya di tanggal 2 November 2020, sudah dilakukan penandatanganan perjanjian pinjam pakai antara BKN dan Pemkab Kupang.

“Dengan fasilitas, 55 unit komputer telah disiapkan, lengkap dengan koneksi jaringan, terdapat ruang kerja Kepala UPT, staf serta ruangan tunggu. Dan bangunan ini direnovasi tanpa merubah bentuk, dengan anggaran dari DPA BKN,”urainya.

 

Imah Sukmariah mengatakan akan dilakukannya  penandatanganan serah terima tanah seluas 20.000 meter persegi untuk pembangunan kantor UPT BKN Kupang. Berlokasi di civic center Oelamasi Kabupaten Kupang, agar lebih mendekatkan pelayanan kepegawaian kepada ASN di provinsi NTT.

 

Bupati Kupang, Korinus Masneno ikut berbangga atas kepedulian BKN melalui Kantor UPT yang diresmikan saat ini. Kantor ini merupakan salah satu unit pelaksana teknis di lingkungan BKN yang dibentuk untuk mendukung efektifitas dan efisiensi pelaksanaan sistem merit. Khususnya seleksi calon dan penilaian kompetensi ASN berbasis teknologi informasi di Provinsi NTT. BKN dengan segala pertimbangannya memilih untuk bersama Pemkab Kupang menyukseskan pembentukan UPT ini. Meskipun penggunaan gedung kantor ini dimanfaatkan sambil menunggu pembangunan gedung UPT BKN Kupang yang rencananya dilakukan pada tahun 2022. Bagi Bupati Kupang hal ini sebagai bukti nyata perhatian dan komitmen BKN, untuk mendekatkan pelayanan kepegawaian yang efektif di Provinsi NTT.

 

Korinus menyampaikan, Selain peresmian kantor, Pemerintah secara resmi akan melakukan hibah barang milik daerah berupa tanah kepada BKN. Tanah itu untuk pembangunan UPT BKN Kupang di Oelamasi, yang merupakan ibukota sekaligus pusat Pemerintahan Kabupaten Kupang.

 

Lokasi tersebut telah dilakukan peninjauan lapangan secara langsung oleh Plt.Kepala BKN, Bima Haria Wibisana pada tanggal 25 Maret 2021 yang lalu. Dan dalam waktu yang tidak terlalu lama segera direalisasikan pembangunannya.

 

Bupati berharap, dukungan yang diberikan dapat bermanfaat dan memberikan kontribusi positif terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi BKN. Baik dalam pembinaan dan pengawasan kepegawaian di Tingkat Daerah Kabupaten/ Kota, Provinsi NTT, maupun regional BKN.

 

Hal yang sama dikatakan Gubernur NTT melalui Asisten Administrasi Administrasi Umum, Johana Lisapaly. Menurut dia, Pemerintah NTT yang berfokus pada pembangunan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing, menyambut baik kehadiran UPT BKN Kupang.

 

UPT BKN Kupang memberikan banyak pembenahan manajemen kepegawaian dalam mengembangkan diri. Mengasah kemampuan, berpotensi dan semangat melayani dapat ditingkatkan lebih optimal lagi. Pentingnya penataan SDM ASN secara terintegrasi. Terkait dengan itu, rekrut CPNS harus dilaksanakan secara profesional, bebas dari intervensi politik juga bersih dari KKN.

 

Menurut dia, Acara ini cukup momentumental, dimana kehadiran kantor ini merupakan bukti komitmen Pemerintah Pusat untuk pelayanan dalam bidang kepegawaian. Serta menjadi solusi terhadap masalah kepegawaian ASN dan memperkuat sinergitas.

 

Dalam rangka mendukung reformasi birokrasi dan pelayanan publik, Johana meminta BKN bantu NTT menciptakan ASN yang bertalenta. Berkualitas, berintegrasi dan berkinerja tinggi. Atas capaian komitmen pengawasan dalam kepegawaian di Pemprov NTT, Plt. Kepala BKN,  menyerahkan “BKN AWARD” kepada Kepala BKD Prov NTT, Ina Laiskodat, disaksikan Asisten Administrasi Umum.

 

Plt.Kepala BKN, Bima Haria Wibisana mengatakan, dirinya bersyukur mendapatkan hibah tanah dan gedung dari Bupati Kupang sebagai bentuk dukungan kepada BKN. Dari tempat ini bisa dilaksanakan seleksi dan disediakan fasilitas penilaian kompetensi ASN. Selain fisik kantor UPT BKN yang ada, dia juga ingin agar manfaatkan budaya kerja secara digital. Lewat kecanggihan teknologi, segala urusan kepegawaian dapat diproses dengan mudah, jika mampu optimalkan aplikasi digital secara baik. Sebab konsepsi data yang benar, ada pada ASN yang bersangkutan, bukan ada di BKD. BKD cuma memfasilitasi. Contohnya seperti yang dilakukan BKN tahun ini dalam pemutakhiran data mandiri ASN. Diinput sendiri oleh ASN yang bersangkutan, sebab soal kebenaran data, ASN bersangkutan yang tahu,”urainya.

 

Acara yang berlangsung meriah dengan banyaknya ucapan selamat dari Kantor UPSCPKP ASN dari berbagai wilayah di Indonesia melalui buket bunga yang berjejer. Juga disambut dan diselingi tari-tarian. Turut hadir Sestama BKN, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian, Kepala Kantor Regional X BKN. Kepala BPKP Prov.NTT, Wakil Walikota Kupang, Sekretaris Daerah Kab/Kota se-NTT, Kepala BKPP/BKPSDM Kab/Kota se-NTT. Kepala Kantor Cabang PT.Taspen Persero Kupang dan Ende serta undangan lainnya.

  • Bagikan